Senin, 16/07/2018 17:39 WIB

Zulkifli Hasan: Umat Harus Mengerti Ekonomi dan Politik

Kepada jamaah, Zulkifli mengingatkan pentingnya umat Islam untuk mengerti politik.

Ketua MPR Zulkifli Hasan

Jakarta - Ketua MPR Zulkifli Hasan mengikuti majelis kajian di Masjid Al Akbar, dekat kediaman Ketua MPR di Cipinang Muara, Minggu (8/7/2018). Kepada jamaah, Zulkifli mengingatkan pentingnya umat Islam untuk mengerti politik.

Sebelum materi kajian disampaikan Ustads Salim Al Fillah membawakan tema "Membina Keluarga Islami", Zulkifli mendapat kesempatan bicara. Kepada jamaah Zulkifli menceritakan pertemuannya dengan imam besar masjid Nabawi di Madinah. Imam besar mengungkapkan dari masjid Nabawi yang masih kecil pada masa lalu Rasulullah bisa mengalahkan peradaban Romawi yang sudah sangat maju dan hebat.

"Mungkin seperti mengalahkan Amerika Serikat sekarang ini. Mengapa bisa? Karena beberapa hal, di antaranya ulama menguasai secara mendalam ilmu agama. Para ulama istiqomah. Seperti Hamka yang pendiriannya sangat kuat seperti batu karang. Hanya tunduk dan patuh pada Allah," kata Zulhasan, sapaan Zulkifli Hasan.

Selain mempunyai ilmu agama yang mendalam dan istiqomah, lanjut Zulhasan, para ulama juga adalah intelektual, saudagar, sekaligus politisi (mengerti politik).

Tapi setelah 700 tahun, Zulhasan menambahkan, umat Islam sekarang mudah diadu-adu. "Saya berharap kita (umat) jangan mau diadu-adu. Kita agar tidak memperuncing masalah, melainkan saling menghormati," ujarnya.

Zulhasan juga meminta umat Islam harus melek politik. Ini tidak berarti harus masuk politik. Di samping itu juga harus mengerti ekonomi dan berwiraswasta. "Pertama harus mengerti ekonomi dan menguasai perniagaan. Kedua, Harus mengerti politik. Dengan menguasai ekonomi dan politik maka umat Islam yang jumlahnya sangst besar bisa dikonversi menjadi kekuatan ekonomi dan politik," ucapnya.

TAGS : Warta MPR




TERPOPULER :