Kamis, 25/04/2024 02:04 WIB

Ketika Tempe Menjelma jadi Makanan Favorit

Pizza dengan topping jamur atau daging sudah biasa, bagaimana dengan pizza menggunakan topping tempe, Anda harus mencobanya.

Pengurus PKK Desa Karanglo Klaten (Foto: Ecka Pramita)

Klaten - Makanan khas Indonesia salah satunya ialah tempe. Tak hanya digoreng atau dioseng, tempe juga bisa diolah menjadi makanan turunan yang bisa dinikmati banyak kalangan.

Diversifikasi tersebut digerakkan oleh ibu-ibu di Desa Geneng, Kabupaten Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Selain memproduksi tempe orisinal, mereka juga membuat aneka jajanan pasar berbahan dasar tempe.

Ketua PKK Geneng, Selly Martina mengatakan jila minat warga semakin antusian ketika tempe dimodifikasi menjadi pangan yang familiar dengan mereka. "Kami membuat puding, pizza, kukis, kroket, risoles, cake dengan bahan dasar tempe," ucapnya saat ditemui di Geneng, Sabtu (30/6).

Makanan berbahan dasar tempe tak banyak ditemui di pasaran. Hal itulah yang menjadi alasan Selly dan timnya yang terdiri dari 10 orang untuk fokus mengembangkan menjadi salah satu produk unggulan.

Misalnya saja puding tempe, Selly mengatakan cukup mudah membuatnya. "Tempe mentah diblender lalu dicampur dengan susu cair hingga tastenya seperti susu kedelai, lalu dimasak bersama agar-agar. Untuk citarasa bisa ditabur topping tempe goreng," ucapnya menjelaskan resep puding tempe.

Menariknya, tempe buatan PKK Geneng ini memiliki citarasa yang tidak terlalu kuat aroma khas tempenya tapi rasa tempenya sangat kuat. "Kalau dibuat olahan makanan aroma tempenya bisa tersamarkan, pertama melihat seperti bukan tempe," ucapnya.


KEYWORD :

Tempe Makanan Indonesia Pizza




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :