Jum'at, 19/04/2024 07:29 WIB

Kanada Resmi Terapkan Tarif Balasan Barang-barang AS

Barang-barang asal negara mitra dagang utama AS yang masuk ke negara tersebut akan dikenakan tarif sebesar CAN $ 16,6 miliar yang efektif mulai 1 Juli.

Bendera kebangsaan Kanada

Kanada - Pemerintah Kanada resmi memberlakukan tarif balasan untuk barang-barang asal Amerika Serikat (AS) sejak Jumat. Keputusan itu menyusul pengenaan tarif logam pada awal tahun ini oleh administrasi Donald Trump.

Barang-barang asal negara mitra dagang utama AS yang masuk ke negara tersebut akan dikenakan tarif sebesar CAN $ 16,6 miliar yang efektif mulai 1 Juli.

Menteri Luar Negeri Kanada, Chrystia Freeland mengatakan, Kanada tak ingin mencari gara-gara dengan AS, namun tidak akan menghindari pertempuran dagang.

"Dalam segala hal, (langkah) kami sangat terkendali," kata Freeland pada konferensi pers di Hamilton, Ontario, ibu kota produksi baja Kanada.

"Pendekatan kami adalah bahwa kami tidak akan meningkatkan tensi, tetapi, kami tidak akan mundur," sambungnya

Freeland mengatakan, pemerintah akan bersabar, mencocokkan tarif AS sebesar 25 persen pada baja dan 10 persen pada aluminium yang masuk ke Kanada. Selain itu  Kanada juga akan memperluas tarif masuk di luar logam.

Tarif balasan yang akan diterapkan mencakup lebih dari 100 produk baja dan 19 barang aluminium.

Selain itu, Kanada memperluas tarif untuk 70 barang dari AS yang ditujukan untuk pasar Kanada. Itu termasuk wiski, perlengkapan mandi, cokelat, dan kartu remi.

Freeland mengaku bahwa tarif AS akan menyebabkan kesulitan keuangan bagi Kanada, yang memiliki gabungan 33.500 pekerjaan di Kanada pada dua industri logam. 

Sedangkan industri logam menambahkan CAN $ 8,9 miliar ke produk domestik bruto Kanada setiap tahun.

Untuk membantu mengimbangi dampak negatif keuangan dan kesulitan bagi pekerja, Freeland mengatakan pemerintah Kanada akan menyediakan USD2 miliar dalam bentuk bantuan, termasuk persyaratan asuransi pengangguran yang lebih lama dan pendanaan tambahan untuk pelatihan kerja di industri lain untuk pekerja yang diberhentikan.

Namun Freeland mengaku belum menyerah pada harapan bahwa AS dapat dibujuk untuk menurunkan tarif yang menurut dia proteksionisme dan ilegal.

Ketika Perdana Menteri Justin Trudeau mengumumkan pada akhir Mei bahwa kebijakan tarif balasan akan dilembagakan, dia berharap "akal sehat" pada akhirnya akan menang menghadapi Presiden AS Donald Trump. (aa)

Ironisnya, tarif akan mulai berlaku pada hari libur nasional 1 Juli - Hari Kanada, yang menjadi penanda hari lahir negara tersebut pada 1867 silam.

 

 

KEYWORD :

Kanada Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :