Rabu, 26/09/2018 11:26 WIB

Tips Agar Make-up Awet Sepanjang Hari

Agar makeup Anda tahan sepanjang hari tanpa harus touch up atau makeup ulang ikuti langkah berikut.

Ilustrasi makeup tahan sepanjang hari dengan melakukan berbagai tips.(Foto : Boldsky.com)

Jakarta - Menerapkan makeup yang tepat dengan cara yang benar adalah pekerjaan yang sulit dan Anda mungkin menghabiskan hampir satu jam, atau bahkan lebih, untuk hanya mendapatkan riasan yang sempurna di wajah Anda setiap kali Anda keluar dari rumah di pagi hari.

Namun sayangnya, pada siang hari Anda mungkin riasan Anda akan mengering. Dengan waktu yang terbatas untuk memperbaiki tata rias di luar rumah, itu bisa sangat menjengkelkan jika Anda harus membersihkan makeup Anda lalu menerapkan ulang. Anda akan menghabiskan setidaknya 1 jam untuk makeup lagi.

Nah, agar makeup Anda tahan sepanjang hari tanpa harus touch up atau makeup ulang ikuti langkah berikut.

1. Awali dengan Base Makeup Bebas Minyak.
Jika kulit Anda berminyak, maka makeup cenderung hanya meluncur dan memudar seiring berjalannya waktu. Oleh karena itu, perlu mempersiapkan kulit Anda dengan baik sebelum Anda mulai menerapkan riasan. Kulit berminyak mencegah riasan untuk menempel dengan benar. Riasan cenderung meleleh dengan cepat pada kulit berminyak. Untuk menghindari ini, gunakan pembersih yang lembut untuk membersihkan wajah Anda terlebih dahulu dan kemudian gunakan pelembab yang bebas minyak. Tunggu sekitar 4 menit dan kemudian rias wajah Anda. Ini akan memungkinkan pelembab untuk masuk ke dalam kulit dengan baik.

2. Pengelupasan Biasa
Jika Anda tidak mengelupas kulit Anda secara teratur, maka riasan Anda tidak akan terlihat sebagus. Ketidaksempurnaan dalam riasan terlihat ketika Anda memiliki sel-sel kulit mati di wajah Anda. Biasakan mengelupas kulit Anda setidaknya sekali seminggu. Ini akan menjaga sel-sel kulit mati terangkat dan kulit Anda akan terlihat jernih, sempurna dan cerah selalu.

3. Menggunakan Primer
Menggunakan primer sebelum Anda menerapkan makeup akan memastikan bahwa riasan itu berlangsung lebih lama dari biasanya dan juga memberi Anda penampilan yang tampak alami. Primer bekerja dengan mengisi pori-pori pada kulit Anda dan membuat kulit Anda halus. Primer memberikan dasar yang baik agar riasan Anda dapat melekat dengan sempurna. Primer juga menghaluskan ketidaksempurnaan dan cacat pada kulit.

4. Layering Menggunakan Powder
Layering atau mengapit dengan menggunakan bedak adalah trik yang harus diikuti oleh semua makeup artist agar makeup tetap utuh untuk durasi yang lebih lama. Gunakan bedak dengan warna yang sama dengan krim atau riasan cair yang Anda gunakan. Menerapkan bedak pada riasan akan memastikan bahwa itu tetap di wajah Anda selama beberapa jam.

5. Mengatur Eyeliner dengan Eyeshadow
Anda dapat menggunakan eyeshadow dengan warna yang mendekati warna eyeliner yang telah Anda gunakan untuk mengatur eyeliner. Ini mirip dengan menggunakan bedak untuk mengatur riasan dasar krim atau cairan. Untuk menyerap minyak yang mungkin ada di eyeliner, Anda bisa meletakkan lapisan eyeshadow di atasnya. Ini akan mengatur eyeliner dengan cepat. Eyeliner tidak akan meleleh atau lari juga. Smudging eyeliner dicegah dengan aplikasi eyeshadow di atas liner.

6. Blotting The Foundation
Anda dapat mencegah riasan Anda meleleh dengan memastikan bahwa ada minyak minimum di wajah Anda. Setelah aplikasi foundation, ada kemungkinan bahwa masih ada kelembaban atau minyak yang tersisa di wajah Anda. Gunakan rangkaian pembersih untuk membersihkannya dengan lembut. Ini akan merendam kelebihan minyak sebelum Anda mulai menerapkan sisa makeup. Blotting tidak menghilangkan fondasi apapun. Blotting hanya memastikan bahwa permukaan tempat Anda merias wajah kering, tanpa bentuk kelembaban apa pun.

7. Menggunakan Maskara Tahan Air
Menggunakan maskara yang tahan air sangat penting untuk memungkinkan riasan Anda bertahan lama tanpa memudar atau meleleh. Maskara menjadi lembab dengan cepat mencegahnya bertahan lama. Maskara bisa basah karena air mata, keringat, atau hanya karena kelembapan di udara. Untuk membuat maskara bertahan lama, gunakan yang tahan air.

8. Garis Besar Lipstik Anda
Gunakan pensil bibir untuk menggambar garis bibir sebelum Anda mengisi bibir dengan lipstik. Ini mencegah lipstik agar tidak meleber seperti darah. Gunakan kuas untuk mengaplikasikan lipstik. Aplikasikan beberapa lapis tipis lipstik dan bukan satu atau dua lapis tebal. Menggunakan kuas membantu lipstik tenggelam ke dalam garis-garis halus bibir. Ini memungkinkan lipstik tetap hidup untuk durasi yang lebih lama.

9. Usahakan Jauhkan Tangan Anda dari Wajah Menyentuh wajah terlalu sering, memposting aplikasi riasan, bisa mengaburkan riasan. Juga, menyentuh wajah Anda meninggalkan bekas minyak dan kotoran di wajah. Jari-jari Anda, betapapun bersihnya tetap memiliki banyak minyak dan jika Anda cenderung sering menyentuh wajah Anda, minyak ini akan ditransfer ke wajah Anda, membuat riasan Anda meleleh.

10. Mengatur Riasan Menggunakan Translucent Powder
Translucent Powder akan memungkinkan Anda untuk mengatur riasan Anda dengan baik. Anda juga dapat menggunakan semprotan pengaturan riasan untuk menjaga makeup di wajah Anda untuk waktu yang lama tanpa meleleh. Namun, jika Anda tidak memiliki keduanya, Anda bisa menyemprotkan sedikit air ke udara dan membiarkannya menempel di wajah Anda. Ini akan berhasil, karena semprotan pengaturan akan membantu mengatur riasan. Pastikan Anda tetap menutup mata saat menggunakan semprotan pengaturan riasan. Biarkan riasan diatur selama beberapa menit sebelum Anda siap untuk pergi.

TAGS : tips makeup cantik wajah kulit berminyak riasan




TERPOPULER :