Kamis, 25/04/2024 02:47 WIB

Ini Sembilan Destinasi Wisata Rahasia di Amsterdam

Selain museum Anne Frank, Amsterdam juga memiliki beberapa destinasi menarik yang belum banyak diketahui bahkan oleh warga lokal sekali pun.

Wisata kota Amsterdam

Jakarta - Kota Amsterdam adalah salah satu destinasi wisata favorit di Belanda. Desain kotanya yang unik dengan arstektur bangunan khas Eropa klasik, ditambah dengan kanal-kanal yang menghubungkan kota membuat para turis betah berlama-lama berada di Amsterdam.
Selain museum Anne Frank, Amsterdam juga memiliki beberapa destinasi menarik yang belum banyak diketahui bahkan oleh warga lokal sekali pun. Berikut beberapa destinasi yang harus Anda datangi apabila berkunjung ke Amsterdam.
1. Vondelbunker
Sesuai dengan namanya, Vondelbunker adalah sebuah bunker. Bunker ini khusus dipersiapkan untuk menghadapi Perang Dunia II sehingga Voldenbunker hanyalah salah satu dari sekian banyak bunker yang tersebar di Amsterdam.
Voldenbunker tersembunyi di bawah sebuah jembatan di taman Vondelpark. Ukurannya yang cukup luas membuat bungker ini sukses disulap menjadi salah satu venue untuk berbagai macam aktivitas seni seperti konser musik, pemutaran film, bahkan pameran karya seni.
2. De Hollandsche Manege
De Hollandsche Manage adalah salah satu rahasia terbaik kota Amsterdam. Berdekatan dengan taman Vondelpark, De Hollandsche Manage adalah sebuah kandang kuda indoor yang terletak di tengah kota Amsterdam.
Untuk menemukannya pun bukan perkara mudah karena Anda tidak akan menyangka adanya kandang kuda di antara bangunan-bangunan apartemen. Namun apabila Anda sedang berada di taman Vondelpark kemudian Anda menghirup aroma khas kuda, Anda hanya perlu mengikuti kemana aroma itu membawa Anda.
Berbeda dengan kandang kuda biasa, De Hollandsche Manage memilki kafe berdekorasi Eropa klasik yang cantik dan tentu saja Instagram-able. Kafe yang terletak di lantai dua ini memberikan Anda kesempatan untuk menyaksikan atraksi dari para penunggang kuda sembari menikmati secangkir kopi atau teh. Pengalaman yang disuguhkan oleh kafe ini sukses membuat pengunjungnya merasa seperti anggota kerajaan Belanda.
3. Park Plaza Victoria Hotel
Park Plaza Victoria Hotel memiliki desain khas Eropa klasik yang membuatnya tampak begitu mewah. Namun yang mencuri perhatian adalah dua bangunan kecil yang menempel pada hotel ini. Berawal pada abad ke-19, sang pemilik hotel ingin membangun hotel yang berseberangan dengan Central Station, namun pemilik dua bangunan kecil itu menolak untuk menjualnya.
Alih-alih membatalkan rencana pembangunan, pemilik Park Plaza Victoria Hotel memutuskan untuk membangun hotel dengan mengitari dua bangunan mungil tersebut. Kini Anda masih bisa melihat dua bangunan mungil yang sudah berdiri sejak tahun 1602 itu di seberang Central Station, Amsterdam Centrum.
4. ‘T Nieuwe Diep
Tersembunyi di sudut taman Flevopark, berdiri kebun rahasia untuk Anda menikmati minuman dan makanan dengan pemandangan pepohonan dan danau kecil. ‘T Nieuwe Diep adalah sebuah rumah penyulingan yang sudah berdiri sejak tahun 1880.
Sesuai dengan namanya, di sini disediakan Genever, yaitu minuman beralkohol khas Belanda yang diproduksi sendiri oleh kafe ini dan beraneka ragam bir. Namun apabila Anda tidak menginginkan minuman beralkohol, kafe ini juga menyediakan teh dan kopi yang mampu menghangatkan Anda di tengah sejuknya udara taman Flevopark.
5. Ons Lieve Heer op Solder
Ons Lieve Heer op Solder adalah rumah yang dilengkapi dengan Gereja di lotengnya. Berdiri sejak abad ke-17, bangunan ini kini menjadi museum yang memamerkan bentuk asli dari rumah kanal khas Amsterdam.
Tata cahaya di museum ini dibuat sedikit temaram. Pencahayaan yang minim ditambah dengan denyit lantai kayu yang masih asli membuat Anda terbawa ke abad ke-17. Foto-foto dan furniture keluarga asli pemilik rumah pun dipertahankan sebagaimana aslinya untuk memberikan kesan otentik. Pada hari Minggu pun masih diadakan peribadatan yang dibuka untuk umum.
6. Pampus Eiland
Sebuah pulau di Ijmeer yang dikenal sebagai Pampus adalah salah satu benteng pertahanan Amsterdam yang dibangun pada abad ke-19. Kini benteng tersebut sudah tidak digunakan lagi, sehingga dialihfungsikan untuk para turis sedang berwisata.
Selain berwisata mengelilingi bagian luar benteng, Anda juga dapat berwisata ke bagian dalam benteng yang sudah diterangi lampu neon dengan berbagai warna yang memberikan sentuhan modern pada bangunan bersejarah ini.
Pada saat-saat tertentu bahkan digelar festival Winterlicht di mana Anda dapat bersantai sore dengan ditemani oleh minuman-minuman kreasi warga lokal Amsterdam, makan malam dengan hidangan sesuai musim, dan berpetualang mengelilingi benteng di malam hari.
7. Hotel de Windketel
Hotel de Windketel mungkin salah satu hotel terkecil di dunia yang menjadikannya sebagai salah satu hotel terunik di Amsterdam. Awal berdiri di tahun 1987 sebagai bagian dari sistem pengelolaan air Amsterdam, bangunan ini kemudian disulap menjadi hotel. Fasilitas yang ditawarkan pun sangat menarik. Bangunan hotel dibagi menjadi dua lantai. Lantai pertama berfungsi selayaknya ruang tamu, sedangkan kamar tidurnya berada di lantai atas dengan panel kaca besar sebagai sumber masuknya cahaya.
8. Normaal Amsterdams Peil
Normaal Amsterdams Peil berarti ketinggian normal permukaan air laut Amsterdam. Kota Amsterdam sejatinya adalah kota yang berada di bawah permukaan air laut. Mungkin selama ini Anda tidak menyadarinya.
Namun apabila Anda mengunjungi NAP yang berada di Amsterdam City Hall, Anda dapat melihat silinder kaca berukuran besar berisi air laut yang disandingkan dengan papan pengukur ketinggian. Silinder kaca ini adalah representasi ketinggian permukaan air laut di beberapa bagian kota Amsterdam.
9. Jembatan Torensluis
Jembatan Torensluis selesai dibangun pada abad ke-17. Memiliki lebar kurang lebih 40 meter menjadikan jembatan Torensluis sebagai jembatan terlebar di Amsterdam. Menariknya, di balik keindahan arsitektur jembatan ini, tersimpan sebuah penjara bawah tanah.
Namun, penjara bawah tanah tersebut kini sudah jauh dari kata ngeri karena telah direstorasi sehingga dapat dikunjungi oleh publik. Bahkan sering dipergunakan sebagai tempat pameran seni.
Sangat menarik bukan berwisata di Amsterdam? Urban tourism dipadukan dengan nilai sejarah membuat Amsterdam wajib masuk ke dalam bucket list Anda. Bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi sembilan destinasi rahasia di Kota Amsterdam tidak perlu khawatir.

Kini, penerbangan ke Amsterdam semakin mudah dan murah karena maskapai berlomba-lomba untuk mengadakan promo tiket, termasuk maskapai mahkota negeri Belanda, KLM. Jadi tunggu apa lagi? Segera cek jadwal cuti Anda dan mulailah berburu rahasia Amsterdam!

KEYWORD :

Wisata Amsterdam KLM




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :