Rabu, 24/04/2024 01:13 WIB

Hamilton Berbagi Bahagia untuk Timnas Inggris

Hamilton tidak pernah menang di Prancis, dan kemenangannya di Le Castellet, sirkuit di selatan Prancis.

Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton

Le Castellet - Lewis Hamilton, pebalap F1 Mercedes, merajai Grand Prix Prancis dan kembali memuncaki klasemen dari  pebalap Ferrari Sebastian Vettel, yang finis di urutan kelima setelah mengalami tubrukan pada lap pertama.

Ini menjadi kemenangan ke-65 sepanjang karier Hamilton di Formula 1. Namun merupakan kemenangan perdana pebalap Britania ini di Prancis, yang kembali masuk kalender Formula 1 setelah absen selama sepuluh tahun, dan meneruskan hari-hari kejayaan bagi para penggemar olahraga Inggris.

"Pekerjaan bagus teman-teman! Saya juga turut senang untuk Inggris," ucapnya melalui radio tim, mengacu pada kemenangan 6-1 tim nasional Inggris atas Panama pada Piala Dunia di Rusia. "Ini adalah Minggu yang indah semuanya," kata Hamilton lagi.

Hamilton yang start dari posisi terdepan, kini unggul 14 poin atas Vettel setelah delapan dari 21 balapan. Pebalap Britania ini memiliki 145 poin, sedangkan sang pebalap Jerman mengoleksi 131 poin.

Pebalap Belanda 20 tahun yang membela Red Bull Max Verstappen melewati "chequered flag" di urutan kedua, di mana Kimi Raikkonen melengkapi podium untuk Ferrari dan pebalap Australia Daniel Ricciardo finis di urutan keempat untuk Red Bull.

Hamilton tidak pernah menang di Prancis, dan kemenangannya di Le Castellet, sirkuit di selatan Prancis yang terakhir kali menjadi tuan rumah Formula 1 pada 1990, mengukir rekor untuk kemenangan terbanyak di Grand Prix yang berbeda.

Ia berbagi rekor 22 kemenangan dengan juara dunia tujuh kali yang telah pensiun Michael Schumacher. Ia juga memperpanjang rekor kemenangannya di sirkuit yang berbeda menjadi 26 kemenangan.

Terdapat drama pada awal balapan ketika Hamilton dan rekan setimnya di Mercedes Valtteri Bottas menghuni baris terdepan, di mana Vettel berada tepat di belakang mereka.

Vettel dan Bottas bertubrukan ketika mereka berduel memperebutkan posisi, di mana pebalap Jerman itu mendapat penalti lima posisi karena menyebabkan tubrukan.

Insiden itu membuat kedua pebalap kembali ke trek setelah pitstop, sedangkan safety car dimasukkan untuk empat lap dengan puing-puing mobil tersebar di seantero trek dari kecelakan-kecelakaan lain.

Dua dari tiga pebalap Prancis gagal meneruskan balapan, yakni pebalap Force India Esteban Ocon dan pebalap Toro Rosso Pierre Gasly.

Vettel kembali ke pit untuk mendapatkan sayap depan yang baru, sedangkan Bottas kembali untuk mengganti tiga roda dan velg.

Pebalap Denmark Kevin Magnussen finis di urutan kelima untuk tim Haas, sedangkan Bottas berada di urutan ketujuh, dan Carlos Sainz di urutan kedelapan untuk Renault, setelah kehilangan dua posisi tiga lap dari akhir ketika mobilnya kehilangan tenaga.

Pebalap Renault Nico Hulkenberg menduduki urutan kesembilan, sedangkan pebalap rookie asal Monako Charles Leclerc finis di urutan kesepuluh untuk Sauber, dan menggagalkan pebalap Haas yang berasal dari Prancis Romain mendapatkan poin pertamanya musim ini. (ant/reuters)

KEYWORD :

Formula One Lewis Hamilton




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :