Selasa, 25/09/2018 03:21 WIB

Mengenal Bahan Linen untuk Hijab Anda

Agar tidak salah pilih gaya, penting bagi Anda mengenal jenis bahan yang dikenakan untuk tampilan gaya hijab Anda.

Rawat hijab linen Anda agar tetap nyaman dikenakan (Foto: Instagram)

Jakarta - Linen adalah salah satu jenis tekstil tertua dan termahal di dunia. Kain tenun linen dibuat dari serat tanaman rami.
Sejarah pemanfaatan serat rami ini diperkirakan telah berlangsung sejak sekitar 9.000 tahun lalu saat tanaman ini ditemukan tumbuh di kawasan pesisir Mediterania.

Masyarakat Yunani menganggap kain ini sebagai kain suci. Pada zaman Renaissance linen menjadi simbol kemewahan. Proses pembuatan kain linen membutuhkan waktu cukup lama dan sulit, tapi teknologi modern pada saat ini menjadikan proses pembuatan kain linen lebih mudah dan efisien. Kain linen sendiri secara umum harganya tetap mahal.

Seperti yang dilansir dari Majalah Noor, bahan Linen paling umum digunakan sebagai bahan pembuatan pakaian. Jenis kain ini berharga tinggi karena sifatnya yang ringan, terasa sejuk bahkan saat cuaca panas, dan tampak berkelas.

Linen juga sering digunakan sebagai bahan untuk pembuatan setelan pakaian bisnis, jaket formal atau jas, celana, rok, sarung tangan, sapu tangan dan sebagainya.

Bahan ini umumnya putih, tapi kemampuannya yang dapat menyerap pewarna dengan baik membuat linen bisa ditemukan dalam berbagai pilihan warna.

Linen juga sering menjadi bagian dari perabot rumah, misalnya sebagai gorden, sarung bantal yang membuat suatu ruangan menjadi tampak sempurna.

Linen yang berkualitas tinggi umumnya sangat halus jika disentuh dan agak berkilau. Bahan ini bisa menyerap dan kehilangan kelembapan lebih cepat daripada kebanyakan jenis kain lainnya.

Karena itu, jenis linen sangat populer di wilayah beriklim panas. Sebagai bahan pakaian, linen dapat menyerap keringat dan kelembapan dengan cepat.  

Permukaan kain linen licin dan halus serta tidak berbulu serta tidak mudah kotor. Linen juga bisa menjadi insulator panas cukup baik saat kondisi cuaca atau iklim dingin.

Banyak ahli menyarankan untuk menyimpan linen dengan cara digantung atau digulung daripada dilipat untuk menghindari kerutan. Kerutan bisa dihilangkan dengan setrika, tapi penggunaan alat setrika bisa menjadi sulit karena mudahnya terbentuk kerutan
baru secara tidak sengaja saat kain disetrika.

Bahan linen umumnya bisa dicuci dengan mesin cuci. Kain linen yang terkena noda sebaiknya dibersihkan secepatnya dengan sabun dan air atau produk khusus pembersih linen. Meskipun tahan lama, kain ini dapat bereaksi buruk dengan banyak pembersih kimia.  

Karena itu, penting bagi pemakai bahan pakaian ini untuk membaca label atau keterangan, baik pada pakaian maupun pada produk pembersihnya untuk menghindari risiko kerusakan.

TAGS : Hijab Gaya Bahan Linen




TERPOPULER :