Minggu, 25/08/2019 00:35 WIB

Ini Dia Fakta Tentang Klimaks Perempuan

Perempuan dapat mencapai orgasme melalui sejumlah cara dan jenis stimulasi yang berbeda.

gairah seksual menurun (ilustrasi)

Jakarta, Jurnas.com - Orgasme perempuan terus menjadi subjek minat ilmiah yang intens. Dokter memecahkan berbagai cara yang digunakan perempuan untuk mencapai orgasme, dan hal-hal yang dapat mencegah orgasmenya.

Apa yang terjadi? Ketika perempuan melakukan klimaks, "ada perubahan di seluruh tubuh, pengalaman dari ujung ke ujung," kata Michael Ingber, MD, seorang dokter dalam urologi dan obat panggul perempuan dan bedah rekonstruksi di Sistem Kesehatan Atlantik di Morristown, New Jersey, dan rekan dari Masyarakat Internasional untuk Studi Kesehatan Seksual Perempuan.

Bagaimana Perempuan Mencapai Orgasme?
Salah satu cara perempuan dapat mengalami orgasme adalah melalui proses empat langkah yang berorientasi pada tujuan yang pertama kali dijelaskan oleh peneliti seks William Masters dan Virginia Johnson beberapa dekade yang lalu.

1. Kegembiraan
Dalam keadaan hasrat atau gairah ini, perempuan memulai atau setuju dengan seks, dan ketika ia mulai menemukan dirinya berfokus terutama pada rangsangan seksual.

Darah mulai membasahi klitoris, vagina, dan puting, dan menciptakan blush seksual seluruh tubuh. Denyut jantung dan tekanan darah meningkat. Testosteron dan neurotransmiter seperti dopamin dan serotonin terlibat dalam proses ini, kata Dr. Ingber.

2. Plateau
Ketegangan seksual terbentuk sebagai prekursor untuk orgasme. Sepertiga bagian luar vagina menjadi sangat membesar dengan darah, menciptakan apa yang peneliti sebut sebagai "platform orgasme."

Fokus pada rangsangan seksual menenggelamkan semua sensasi lainnya. Denyut jantung, tekanan darah, dan pernapasan terus meningkat.

3. Orgasme
Serangkaian kontraksi berirama terjadi di uterus, vagina, dan otot dasar panggul. Ketegangan seksual yang disebabkan oleh cinta atau stimulasi diri, dan otot di seluruh tubuh dapat berkontraksi. Perasaan hangat biasanya berasal dari panggul dan menyebar ke seluruh tubuh.

4. Resolusi
Tubuh rileks, dengan darah mengalir menjauh dari organ seksual yang membesar. Denyut jantung, tekanan darah, dan pernapasan kembali normal.

 

TAGS : seks relationship hubungan orgasme pasangan perempuan




TERPOPULER :