Kamis, 22/11/2018 00:43 WIB

Ini Dia Fakta Tentang Klimaks Perempuan

Perempuan dapat mencapai orgasme melalui sejumlah cara dan jenis stimulasi yang berbeda.

Hubungan intim (Ilustrasi/Getty Image)

Jakarta - Orgasme perempuan terus menjadi subjek minat ilmiah yang intens. Dokter memecahkan berbagai cara yang digunakan perempuan untuk mencapai orgasme, dan hal-hal yang dapat mencegah orgasmenya.

Apa yang terjadi? Ketika perempuan melakukan klimaks, "ada perubahan di seluruh tubuh, pengalaman dari ujung ke ujung," kata Michael Ingber, MD, seorang dokter dalam urologi dan obat panggul perempuan dan bedah rekonstruksi di Sistem Kesehatan Atlantik di Morristown, New Jersey, dan rekan dari Masyarakat Internasional untuk Studi Kesehatan Seksual Perempuan.

Bagaimana Perempuan Mencapai Orgasme?
Salah satu cara perempuan dapat mengalami orgasme adalah melalui proses empat langkah yang berorientasi pada tujuan yang pertama kali dijelaskan oleh peneliti seks William Masters dan Virginia Johnson beberapa dekade yang lalu.

1. Kegembiraan
Dalam keadaan hasrat atau gairah ini, perempuan memulai atau setuju dengan seks, dan ketika ia mulai menemukan dirinya berfokus terutama pada rangsangan seksual. Darah mulai membasahi klitoris, vagina, dan puting, dan menciptakan blush seksual seluruh tubuh. Denyut jantung dan tekanan darah meningkat. Testosteron dan neurotransmiter seperti dopamin dan serotonin terlibat dalam proses ini, kata Dr. Ingber.

2. Plateau
Ketegangan seksual terbentuk sebagai prekursor untuk orgasme. Sepertiga bagian luar vagina menjadi sangat membesar dengan darah, menciptakan apa yang peneliti sebut sebagai "platform orgasme." Fokus pada rangsangan seksual menenggelamkan semua sensasi lainnya. Denyut jantung, tekanan darah, dan pernapasan terus meningkat.

3. Orgasme
Serangkaian kontraksi berirama terjadi di uterus, vagina, dan otot dasar panggul. Ketegangan seksual yang disebabkan oleh cinta atau stimulasi diri, dan otot di seluruh tubuh dapat berkontraksi. Perasaan hangat biasanya berasal dari panggul dan menyebar ke seluruh tubuh.

4. Resolusi
Tubuh rileks, dengan darah mengalir menjauh dari organ seksual yang membesar. Denyut jantung, tekanan darah, dan pernapasan kembali normal.

- Berbagai Jenis Stimulasi dan Orgasme
Perempuan diberkati dengan tubuh yang mampu mengalami orgasme dengan lebih dari satu cara. Beberapa peneliti percaya bahwa ada sebanyak 12 jenis orgasme wanita. Jenis yang paling umum adalah orgasme "klitoris", kata Ingber.

Stimulasi klitoris telah terbukti sebagai rute paling pasti menuju orgasme. "Saya pikir bahwa rangsangan klitoris (menghasilkan) mungkin analog yang paling dekat dengan orgasme pria, di mana Anda mendapatkan jaringan ereksi, ada pelepasan, dan setelah rilis itu tidak nyaman untuk melanjutkan," kata Steven R. Goldstein, MD, direktur ultrasound ginekologi dan codirector densitometri tulang di Langone Medical Center New York University dan seorang profesor kebidanan dan ginekologi di New York University School of Medicine.

- Stimulasi Vagina, G-Spot, dan kesenangan Seksual Intens
Tetapi beberapa perempuan juga bisa mengalami orgasme melalui rangsangan vagina. Satu kelompok peneliti mengkreditkan G-spot, sebuah area yang dinamai dan dideskripsikan oleh Beverly Whipple, PhD, RN, seorang profesor emerita di Rutgers University di Newark, New Jersey, dan mantan presiden American Association of Sex Educators, Counselors and Therapists (AASECT).

G-spot adalah area yang dirasakan melalui dinding vagina, satu atau dua inci di belakang tulang belakang di dekat persimpangan kandung kemih dan uretra dan terdiri dari jaringan klitoris, uretra, dan prostat perempuan. kelenjar, kata Dr. Whipple. Beberapa peneliti percaya bahwa ketika dirangsang, G-spot menyebabkan kenikmatan seksual yang kuat pada beberapa perempuan; yang lain mempertanyakan apakah perempuan dapat merasakan kesenangan seperti itu di lokasi ini sama sekali.

- Jalur Sensorik, Stimulasi, dan Generasi Orgasme
Perempuan juga telah dapat mengalami orgasme melalui stimulasi payudara atau bagian tubuh lainnya, atau melalui penggunaan citra seksual tanpa sentuhan sama sekali. Para peneliti bahkan menemukan jalur saraf di luar sumsum tulang belakang, melalui saraf vagus sensoris, yang akan menyebabkan seorang perempuan mengalami orgasme melalui sensasi yang ditularkan langsung ke otak. "Ada banyak jalur saraf yang bertanggung jawab atas pengalaman orgasme pada perempuan," kata Whipple.

Orgasme perempuan dan permasalahannya
Meskipun ada masalah fisik yang dapat membuat perempuan tidak mengalami orgasme, emosi juga dapat berperan. Beberapa peneliti seks mengatakan bahwa kecemasan dan depresi dapat mencegah seorang perempuan mengalami kemajuan sepanjang siklus respons seksual, kata Ingber.

Perasaan takut, bersalah, gangguan, atau kehilangan kendali juga bisa memengaruhi orgasme. Demikian pula untuk pria dengan disfungsi ereksi, perempuan kadang-kadang memiliki masalah dalam mencapai atau mempertahankan aliran darah yang cukup, kata Ingber.

TAGS : seks relationship hubungan orgasme pasangan perempuan




TERPOPULER :