Jum'at, 19/04/2024 10:11 WIB

Toko Oen, Aneka Kudapan Klasik nan Legendaris

Tak hanya aneka menu klasik yang disajikan, suasana toko juga seperti mengajak pengunjung kembali ke masa lalu.

Poffertjes, salah satu kudapan klasik di Toko Oen (Foto: Eka Pramita)

Semarang - Siapa lagi yang akan menguri-uri warisan bersejarah kalau bukan kita para generasinya. Selain tentu saja tetap menjaga kelestariannya tapi juga bangga dengan nilai-nilai sejarah.

Agaknya semangat itulah yang diusung oleh Toko Oen. Toko dengan bangunan tua nan klasik ini sudah ada sejak tahun 1912.

Tidak hanya varian kuliner yang beraneka ragam dari zamannya tetapi juga piranti dan toples yang dipakai masih menggunakan model lama.

Ketika kita membuka derit pintu masuk, pandangan mata kita langung dimanjakan oleh furnitur eklektik, belum lagi diiringi musik-musik instrumen lawas, menambah nuansa masa lalu yang kerap kita impikan atau bahkan orangtua kita kerap dirindukan.

Jika tak jeli toko lawas itu bisa nyaris terlewat, maklum tulisan lama ditambah lilitan kabel di sekitarnya membuat pengunjung lebih jeli lagi.

Dalam kesempatan itu saya memesan es krim yang direkomendasi oleh sang pelayan, ditambah kudapan jadul khas Belanda yaitu Poffertjes dan Ontbitjkoek.

Es krim bertajuk Oen’s Symphony ini terdiri dari 5 scoop aneka rasa (mocca, kopi, stroberi, coklat, alpukat), dihiasi oleh toping whipy cream dan dua buah katetong atau lebih akrab disebut lidah kucing. Bisa dibayangkan segarnya es krim yang

light dan tidak begitu creamy bertemu katetong yang lumer dan gurih, rasanya duh bikin tidak mau berhenti. Ditambah suasana toko yang klasik membuat kita seperti kembali ke era jaman dulu.

Varian es krim lain ada charlotte royal, vruchten sorbet, nesselrode, rainbow, domino, napolitaine, tutti fruti, pannekock ice cream, dan masih banyak lagi lainnya.

Begitu pun dengan kudapan lainnya yang tak kalah legitnya, aroma rempah ontbitjkoek yang kuat tetapi ketika dicicip menjadi soft. Jika suka untuk poffertjes bisa ditambah oleh aneka es krim.

Toko yang terletak di Jalan Pemuda No. 52 Semarang ini juga menyajikan hidangan lawas lain yang tak kalah enak untuk dinikmati antara lain Indonesian food: gado-gado, soto ayam, tahu campur, nasi goreng spesial.

Ada pula European food: saus champignon, bistik sapi, mixed grill, cordon bleu, bistik lidah, kakap ala meuniere, bistik udang. Garlic toast, BBQ chicken, BBQ mixed grille, imported steak Australia. Chicken soup, cap jay, cream soup, sup buntut. Snack terdiri Kroket, risoles, lumpia goreng, bitterballen, calamari fritti.

KEYWORD :

Toko Oen Kuliner Semarang




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :