Senin, 16/07/2018 17:42 WIB

Inilah Penyebabnya dan Gejala Kanker Pankreas

Kanker pankreas adalah salah satu penyakit pembunuh terbesar di berbagai negara seperti di Amerika dan Singapura.

Ilustrasi kanker pankreas.(Foto : Google)

Jakarta - Pankreas adalah organ dalam perut yang terletak secara horisontal di belakang bagian bawah Iambung. Di dalam pankreas, sel eksokrin pankreas menghasilkan cairan pencernaan, sedangkan sel endokrin pankreas menghasilkan hormon insulin dan glukagon, yang mengatur 
tingkat gula darah dalam tubuh.

Kanker pankreas merupakan penyakit di mana sel yang bersifat kanker terbentuk di dalam pankreas. Pada umumnya kanker pankreas berawal dari sel-sel eksokrin. Tahukah Anda apa penyebab dan bagaimana gejala kanker mematikan ini?

Yang menjadi penyebab kanker pankreas masih belum jelas. Namun orang-orang dengan faktor resiko tertentu memiliki kemungkinan besar untuk terkena kanker pankreas. Faktor-faktor resiko tersebut meliputi:

- Merokok: Merokok tembakau adalah faktor resiko utama untuk kanker pankreas. Perokok berat memiliki resiko terbesar. 
- Diabetes: Mereka dengan diabetes memiliki kemungkinan besar untuk terkena kanker pankreas. 
- Faktor genetik: memiliki anggota keluarga terdekat dengan riwayat kanker pankreas, meningkatkan resiko terkena kanker. 
- Pankreatitis (radang/infeksi pada pankreas): Peradangan/infeksi pada pankreas untuk waktu yang cukup lama dapat meningkatkan resiko terkena kanker pankreas. 
- Obesitas: Mereka yang memiliki kelebihan berat badan memiliki kemungkinan sedikit lebih banyak daripada orang lain untuk terkena kanker pankreas. 

Adapun gejala-gejala kanker pankreas yaitu:
- Gejala-gejala yang timbul sangatlah samar dan karena pankreas terletak di belakang organ tubuh lain, seringkali kanker pankreas 
terdiagnosa pada stadium yang sudah lanjut. Hilangnya berat badan bisa dikatakan merupakan gejala paling awal dan rasa sakit pada perut bagian atas atau tengah merupakan gejala yang datang belakangan pada kanker pankreas ini.

- Gejala lain yang mungkin timbul adalah gangguan pencernaan, merasa kembung dan gerakan usus yang berminyak dapat terjadi bila petumbuhan kanker menghalangi saluran pankreas sehingga enzim pencernaan tidak dapat disalurkan ke dalam saluran usus.

- Sakit kuning yaitu di mana mata dan kulit menjadi kuning, bisa jadi peringatan adanya tumor yang menghalangi saluran empedu.

TAGS : Kanker pankreas penyakit kuning sehat penyakir




TERPOPULER :