Jum'at, 19/04/2024 01:46 WIB

Pasca Lebaran Harga Bahan Pangan Turun

Hasil pantauan harga bahan pangan pokok hingga H+3 lebaran, menunjukkan fakta harga stabil.

Cabai (Foto: Ig Kemendag)

Jakarta –Pasokan dan harga pangan strategis selama Bulan Ramadan hingga Lebaran, bahkan pasca Lebaran Idul Fitri dapat dijaga aman dan stabil. Hasil pantauan harga bahan pangan pokok hingga H+3 lebaran, menunjukkan fakta harga stabil.

Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan, Kementerian Pertanian (Kementan) Riwantoro mengungkapkan di Ibukota, harga hampir semua jenis beras cenderung turun.

Penurunan harga cukup signifikan dialami minyak goreng curah, cabai merah keriting, cabai merah besar, bawang putih, gula pasir, tepung terigu, hingga kentang. Sementara daging sapi baik sapi has maupun sapi murni turun 3 ribu rupiah lebih per kilogramnya.

"Harga ini berdasarkan pantauan pada sejumlah pasar di 5 wilayah DKI Jakarta," demikian ungkap Riwantoro di Jakarta, Senin (18/6).

Riwantoro menyebutkan bukan hanya di Ibukota, harga stabil juga terjadi di sejumlah pasar di wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Pada Minggu, hampir semua bahan pangan di Pasar Karang Ploso Kabupaten Malang, Propinsi Jawa Timur stabil bahkan turun.

Penurunan harga paling banyak dialami bawang merah mencapai Rp6.000 per kg. Harga pangan relatif stabil dibanding pekan sebelumnya, dan pasokan pangan cukup aman.

"Begitu pula pantauan pasokan dan harga eceran di Pasar Induk Kartosuro-Sukoharjo Propinsi Jawa Tengah. Sebagian besar harga pangan setelah Lebaran cenderung turun dibanding sebelum lebaran. Sebagian lainnya stabil," sebutnya.

Penurunan harga terbesar terjadi pada Cabai Merah Keriting dari Rp40.000 per kg menjadi Rp35.000 perkg. Dan daging ayam yang semula Rp50.000 per kg menjadi Rp46.000 kg.

Di Pasar Dawe Kabupaten Kudus Provinsi Jawa Tengah, hasil pantauan pada hari ini dibanding sepekan lalu secara keseluruhan, harga pangan tetap cenderung turun.

"Penurunan harga Cabai Merah dan Cabai Merah Rawi menjadi Rp 25.000 per kg dibanding 3 hari lalu, juga terjadi di Pasar Salaman, Kabupaten Malang, Proponsi Jawa Timur," ucap Riwantoro

Selain Cabai, sambungnya, komoditas pangan yang turun harga juga yakni Daging Sapi, turun menjadi Rp135.000 per kg dari 3 hari lalu Rp150.000 per kg. Tepung terigu turun Rp500 per kg menjadi Rp7.000 per kg. Pantauan pasokan dan harga eceran bahan pangan hari ini juga dilakukan di Pasar Induk Cikurubuk, Kota Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat.

"Secara keseluruhan, Harga pangan relatif stabil cenderung turun. Telur Ayam Ras turun Rp500 per kg. Pasokan juga relatif stabil antara 1 hingga 12,5 ton per hari untuk berbagai komoditi," ujarnya.

Riwantoro pun menegaskan harga stabil tidak hanya terjadi di Pulau Jawa, tetai juga di luar Pulau Jawa. Hasil pemantauan harga di Pasar Pa`baeng Baeng Kota Makassar, Propinsi Sulawesi Selatan secara keseluruhan relatif stabil.

"Bahan pangan segar seperti Cabai, Daging Sapi, Ayam Ras, sampai sore kemarin dan hari ini belum ada pasokan sejak hari lebaran. Pasokan akan masuk mulai hari ini," tegasnya

KEYWORD :

Kementan Ramadan pangan strategis




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :