Kamis, 20/09/2018 01:40 WIB

Empat Cara Cerdas Kelola THR Anak

Momen mendapatkan THR menjadi saat yang tepat untuk mengajarkan anak pendidikan literasi keuangan.

Momen mendapatkan THR menjadi saat yang tepat untuk mengajarkan anak pendidikan literasi keuangan (Foto: Nestle)

Jakarta - Salah satu hal yang paling seru dan ditunggu-tunggu oleh anak-anak adalah pembagian uang THR Lebaran. Tidak bisa dimungkiri, hasil uang THR lebaran yang didapatkan anak terkadang tidaklah sedikit.

Momen ini dapat Anda manfaatkan untuk mulai menanamkan pendidikan financial management pada anak. Dengan begitu, uang THR yang didapat tidak akan habis sia-sia dan dapat dimanfaatkan untuk hal yang lebih penting.

Simak empat tips mengelola THR anak dari Momynesia berikut ini:

1. Biasakan anak mandiri

Kemandirian dapat dipupuk sejak ini. Inilah hal yang harus kamu terapkan pada si kecil agar tumbuh menjadi seseorang yang memiliki kemampuan mengatur diri dan hal-hal penting seputarnya, termasuk keuangan.

Jika ia menginginkan sesuatu, selalu ajarkan dia untuk bisa mengupayakan dengan jerih payahnya sendiri. Dengan begitu, uang THR tidak akan mudah untuk dia hambur-hamburkan. Kamu dapat mulai memintanya untuk merencanakan akan diapakan uang THR Lebarannya tahun ini.
 
2. Arahkan anak untuk membagi prioritas

Saat mendapatkan banyak uang THR Lebaran, tentu anak akan sangat gembira dan mulai menuliskan hal-hal yang ia inginkan, yang paling banyak diincar tentu saja mainan. Akan tetapi, menghabiskan mainan dengan seluruh uang THR tentu akan sangat disayangkan.

Jadi, cobalah untuk mengarahkan anak membagi prioritas keinginan dan tabungan. Kamu dapat mengajarkannya untuk membagi persentase uang yang nantinya untuk dibelanjakan dan untuk ditabung.

3. Mengenalkan menabung di bank

Ajaklah anak ke bank untuk membuka rekening tabungan atas namanya sendiri. Pergi ke bank tentu akan membuatnya bersemangat. Apalagi saat menerima buku tabungan dengan namanya sendiri. Dijamin ia akan memikirkan berapa banyak uang yang akan ia tabung.

Katakan padanya bahwa dengan menabung, ia akan lebih banyak mendapat peluang mendapatkan hal-hal yang lebih menyenangkan dibandingkan hanya membeli mainan kecil yang banyak.
 
4. Jangan terlalu mengatur anak

Saat mengajarkan cara mengatur uang, kamu harus membatasi diri jangan sampai terlalu mendikte dan membatasi anak dalam mengambil keputusan. Biarkan ia memikirkan sendiri saran dan pendapatmu dalam mengelola keuangannya.

Jika ia bingung, ia pasti akan bertanya. Yang pasti, buat anak merasa bertanggung jawab atas apa yang ia miliki. Dengan begitu, pendidikan manajemen keuangan akan lebih bermanfaat baginya, khususnya saat dewasa nanti.

TAGS : Tips THR Anak




TERPOPULER :