Kamis, 18/04/2024 14:13 WIB

4 Hidangan Khas Lebaran Ini Cuma Ada di Indonesia

Ketupat adalah beras yang dibungkus menggunakan daun kelapa yang masih muda.

Ketupat sayur

Jakarta – Selain baju baru, perayaan Idul Fitri di Indonesia juga kental dengan tradisi saling memberi makanan kepada keluarga. Nah, biasanya menu yang disajikan memiliki nuansa khas, yang jarang ditemui di hari-hari biasa.

Apa saja itu?

  1. Ketupat

Ketupat sudah jadi brand mark lebaran. Saat lebaran tiba, hampir seluruh ikon di mal dan pusat perbelanjaan menyertakan bentuk ketupat, sebagai penanda bahwa lebaran sudah dekat.

Ketupat adalah beras yang dibungkus menggunakan daun kelapa yang masih muda, lalu direbus dalam suhu dan waktu tertentu. Ketupat biasanya dipasangkan dengan opor ayam, sop ayam, atau gule.

  1. Opor Ayam

Selain ketupat, opor ayam juga jarang absen dari meja makan saat Hari Raya. Namun tiap daerah punya menu khusus opor yang berbeda-beda.

  1. Rendang

Jika bosan dengan opor ayam, Rendang juga bisa menjadi pilihan saat menyambut lebaran. Rendang bisa dipasangkan dengan nasi atau ketupat.

  1. Sambal Goreng Kentang Ati Ampela

Menu ini terbuat dari kentang potong dadu dan hati sapi potong kecil-kecil ini memiliki cita rasa pedas yang menggugah selera.

Itulah beberapa sajian khas lebaran yang banyak kamu jumpai di Indonesia. Jadi, kamu sudah makan menu apa saja lebaran kali ini?

KEYWORD :

Idul Fitri Lebaran Makanan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :