Rabu, 24/04/2024 13:00 WIB

Libur Lebaran, Tetap Waspada Saat Transkasi Perbankan

Untuk kenyamanan dan keamanan dalam bertransaksi perbankan saat libur lebaran, perhatikan tips penting ini ya.

Jangan lengah, pastikan tetap waspada dalam bertransaksi perbankan saat Lebaran (Foto: REUTERS/Bogdan Cristel)

Jakarta - Menyambut libur Lebaran grafik transaski perbankan turut meningkat. Hal itu mestinya juga diimbangi dengan kewaspadaan Anda dalam melakukan transaksi perbankan.

Berikut Bank Permata membagikan beberapa tips penting di bawah ini agar Anda tetap merasa aman dan nyaman dalam bertransaksi perbankan.

1. Teliti dan Konfirmasi

Waspadalah terhadap berbagai penawaran berkedok program hadiah, penjualan mobil atau kendaraan bermotor di Toko Online, program santunan sosial, upgrade sistem keamanan Internet/Mobile Banking, konfirmasi perubahan biaya, dan berbagai bentuk program sejenis lainnya.

Umumnya pelaku kejahatan akan meminta keterangan /data pribadi seperti KTP, Nomor HP, informasi penting pada Kartu ATM / rekening bank dan akses layanan perbankan Anda.

2. Hindari tautan/link tak dikenal

Hindari mengakses website perbankan/internet banking melalui tautan/link dari emailL dengansumber yang tidak dikenal dan selalu waspada saat bertransaksi online. Teliti terhadap tampilan dan alamat website yang menyerupai website resmi.

Ganti password, sandi PIN Anda secara berkala dan atau saat ada kecurigaan atau ketidakwajaran informasi tersebut diketahui oleh pihak lain.

3 .Jaga kerahasiaan

User ID, Password, PIN/TIN, Alamat Email dan Response Code/OTP/Kode Akses pada layanan perbankan Anda adalah rahasia. Jangan berikan informasi di atas kepada pihak lain termasuk petugas Bank/staf. Jika ada hal yang tidak wajar, hentikan transaksi dan konfirmasi ke bank yang bersangkutan.

KEYWORD :

Lebaran Aman Transaksi Perbankan Tips




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :