Kamis, 25/04/2024 08:55 WIB

Indonesia Gandeng Singapura Antisipasi Dampak Revolusi Digital

Kerjasama disepakati setelah Menteri Tenagakerja RI M Hanif Dhakiri dan Menteri Tenagakerja Singapura Josephine Teo melakukan pertemuan bilateral di sela-sela sidang perburuhan ILO

Menaker Hanif Dhakiri

Jakarta - Indonesia dan Singapura menyepakati kerjasama mengantisipasi dampak ketenagakerjaan dari revolusi digital.

Kerjasama disepakati setelah Menteri Tenagakerja RI M Hanif Dhakiri dan Menteri Tenagakerja Singapura Josephine Teo melakukan pertemuan bilateral di sela-sela sidang perburuhan ILO di Jenewa, Swiss.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Hanif menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Singapura yang selama ini telah bekerjasama dengan Indonesia dalam hal ketenagakerjaan melalui Temasek Foundation dan Singapore Polytechnic.

“Indonesia berharap kerjasama peningkatan skill pekerja harus terus ditingkatkan, guna mengantisipasi dampak revolusi industri 4.0,” kata Menteri Hanif.

Dia menambahkan, Indonesia berharap kerjasama melakukan pemetaan transformasi sebagai respons terhadap digitalisasi dan industri 4.0.

“Indonesia ingin melihat pengalaman yang telah dilakulan Singapura," imbuhnya.
Selain itu, Indonesia juga meminta Singapura bertukar pengalaman dalam menjalankan skema pembiayaan peningkatan keterampilan bagi pekerja (skills development fund).

Kedua menteri sangat menyadari dampak digitalisasi industri atau yang lazim disebut revolusi industri 4.0, yang banyak menghilangkan jenis pekerjaan konvensional.

Namun, pada saat yang sama akan menghadirkan banyak jenis pekerjaan baru di masa mendatang.

Oleh karenanya, diperlukan pemetaan jenis pekerjaan yang akan muncul di masa mendatang.

“Singapura membuka diri bekerjasama dan berbagi pengalaman dalam memetakan future of work,” kata Josephine.

Menurutnya, dalam mengantisipasi dampak industri digital, Singapura telah memperkenalkan konsep industrial map dan profesional engagement dimana setiap industri memiliki peran penting dalam mengatasi perubahan jenis pekerjaan.

Untuk itu, keberadaan pelatihan di setiap perusahaan menjadi sangat penting.
Dengan pelatihan, akan diketahui kenutuhan jenis pekerjaan. karena itulah cermin kebutuhan pekerjaan di setiap perusahaan.

Di ujung pertemuan, Josephine mengundang Menaker RI datang ke Singapura dalam rangka mengkonkretkan berbagai kerja sama yang bisa dilakukan untuk bersama-sama kita meningkatkan kualitas SDM di era digitalisasi ekonomi.

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto yang turut hadir dalam pertemuan tersebut menyampaikan, perlunya kerja sama dengan Singapura untuk memastikan seluruh pekerja migran Indonesia di Singapura dan sebaliknya, mudah mengakses jaminan sosial. Dengan demikian, kesejahteraan pekerja makin meningkat.

 

KEYWORD :

Info Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri Menaker




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :