Kamis, 25/04/2024 19:33 WIB

Tiga Busana Andalan Merayakan Idul Fitri

Hari Raya Idul Fitri identik dengan busana jenis Gamis, Kaftan, dan Abaya, tahukah Anda apa bedanya?

Hari Raya Idul Fitri identik dengan busana jenis Gamis, Kaftan, dan Abaya (Foto: Instagram/Ava Prologue)

Jakarta - Bagi sebagian perempuan yang mengenakan hijab mungkin mereka sudah tidak asing lagi dengan gamis, kaftan serta abaya. Ketiga jenis dari busana tersebut memang merupakan busana yang sering dipakai dan diminati oleh perempuan berhijab, selain desain modelnya yang simpel, dengan bentuk nya yang lebar dan tidak membentuk tubuh.

Meskipun model dari ketiga jenis pakaian ini pada umumnya ialah sederhana, namun dengan penambahan detail serta aksen yang begitu beragam, maka baju seri gamis ini masih tetap menarik dan tidak terlihat monoton.

Contohnya seperti penggunaan motif bahan yang bervariasi dan penambahan aksen renda, payet, maupun mutiara yang akan membuat gamis, abaya, serta kaftan tetap menjadi salah satu busana favorit hijabers.

Pada umumnya busana muslim model gamis, abaya dan kaftan bila dilihat sekilas mungkin bentuknya tidak jauh berbeda, karena ketiga jenis busana ini sama-sama memiliki panjang dan longgar yang menutup tubuh. Model pada busana gamis biasanya akan berbentuk semacam dres yang panjang dan longgar.

Gamis biasanya kebanyakan berbentuk jubah panjang yang bentuk pada bagian tubuhnya yang agak sedikit longgar pada bagian kerutan atau lekukan di bagian pinggang.

Sementara abaya merupakan sepotong pakaian panjang yang biasa digunakan di luar atau di atas pakaian. Model abaya juga hampir mirip seperti dress yang longgar dan beberapa lainnya seperti jubah panjang.

Ternyata kaftan juga memiliki model yang sama seperti dres longgar yang hanya saja bentuknya lebih menyerupai huruf T, lebar pada bagian pundak dan lengan serta akan ada bagian yang mengerut pada bagian kaki dimana yang biasa pada bagian pinggang ke perut yang sering ada penambahan pada aksen seperti batu-batuan dan manik-manik.

Dengan model bagian depan kaftan yang sangat lebar dan longgar sehingga kalau Anda ingin memakai kaftan sebaiknya gunakan kembali pakaian dalam panjang untuk memastikan agar tidak terlihat bagian tubuh dari sel baju lainnya. Kini ragam kaftan telah mengalami pergeseran, dari warna bold ke warna-warna light atau pastel.

KEYWORD :

Busana Lebaran Kaftan Abaya Gamis




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :