Jum'at, 16/11/2018 19:33 WIB

Jelang Lebaran, Jangan Abai Baca Label Produk

Masih banyak konsumen yang kurang meluangkan waktu untuk membaca label pada kemasan produk yang mereka beli.

Masih banyak konsumen yang kurang meluangkan waktu untuk memaca label pada kemadan produk yang mereka beli (Foto Iustrasi)

Jakarta - Hari Raya Idul Fitri sebentar lagi tiba, pusat berbelanjaan supermarket dan pasar tradisional mulai dipenuhi warga untuk belanja kebutuhan lebaran, terutama makanan dan minuman.

Namun, jangan lupa untuk mengecek label produk makanan dan minuman yang Anda beli. Label yang tercantum pada makanan dan minuman olahan bukan pajangan.

Berdasarkan sejumlah zat yang terkandung beserta persentasenya, Anda bisa menentukan apakah makanan atau minuman yang akan dikonsumsi itu cocok untuk memenuhi standar keamanan dan jesehatan atau tidak.

Hal itu dibenarkan oleh Ketua Bidang Penelitian dan Pengembangan Asosiasi Perusahaan Air Minum dalam Kemasan, Tjondro Sulistiorini. Menurutnya, konsumen masih kurang terdukasi dalam membaca label produk yang mereka beli.

"Malah kebanyakan fokus di label harga, bukan label pokok yang memuat keterangan produk secara mendetail," ucapnya saat ditemui di Jakarta, Kamis (31/5)/

Tjondro menerangkan urutan membaca label pada kemasan. Berikut langkahnya:

1. Product Brand
2. Food Category
3. Manufacturing
4. Isi bersih
5. BPOM
6. Production Code
7. Expired Date
8. SNI logo
9. Storage Instruction
10. Warning if Any
11. Nutrition Fact
12. Ingredients

Kedua belas keterangan tersebut menurut Tjondro harus dibaca semua, sehingga bisa dipastikan keamanan dan kesehatan bagi konsumen. "Sebuah perusahaan tidak boleh mengklaim produk mereka bisa berkhasiat atau mampu menyembuhkan penyakit tertentu," tegasnya.

TAGS : Label Produk Konsumen




TERPOPULER :