Minggu, 18/11/2018 15:28 WIB

Perenang Prancis Bakal Taklukkan Samudra Pasifik

Lecomte berharap dapat mempertahankan kesadarannya untuk melawan iklim yang ekstrim sepanjang 5.500 mil atau 9.000 kilometer.

Ben Lecomte (Foto: BBC)

Paris - Perenang asal Prancis Ben Lecomte akan menjadi orang pertama yang berenang melintasi Samudra Pasifik, dengan waktu delapan jam sehari selama lebih dari enam bulan dari Jepang hingga pantai barat Amerika Serikat.

Dilansir dari BBC, Lecomte berharap dapat mempertahankan kesadarannya untuk melawan iklim yang ekstrim sepanjang 5.500 mil atau 9.000 kilometer.

Juga termasuk dalam hal ini melawan ancaman bahaya hiu, badai, kawanan ubur-ubur, dan suhu air yang sangat rendah di sepanjang perjalanan.

Selain berenang, Lecomte juga akan dipantau oleh tim ilmuwan yang melakukan penelitian, guna mengetahui dampak nuklir Fukushima terhadap lautan.

"Bagian terpenting yakni mental, jauh lebih penting dari pada fisik," ujar Lecomte kepada AFP.

"Anda harus memastikan selalu berpikir positif," imbuhnya.

"Ketika Anda tidak memiliki sesuatu mengisi pikiran Anda, itu akan jadi masalah besar," lanjut Lecomte.

Tantangan semacam ini bukan kali pertama untuk Lecomte. Pada 1998 silam, dia menjadi perenang pertama yang melintasi trans-Atlantik dengan jarak 6.400 kilometer dalam waktu 73 hari.

Segera setelah dia menepi di Prancis, Lecomte berjanji tidak akan mengulangi tantangan tersebut. Namun nyatanya, 20 tahun kemudian, Lecomte mengacuhkan janjinya.

"Tidak butuh waktu lama mengubah pikiran saya. Tiga, empat bulan setelahnya saya sudah memikirkan petualangan selanjutnya untuk melakukan hal yang sama," terang Lecomte.

Sebagai persiapan menuju pertunjukan fantastis itu, Lecomte mengaku menjaga energinya tetap tinggi. Dia pun mengonsumsi rata-rata 8.000 kalori per hari hari.

"Saya diet ketat tanpa gulan. Sebagian besar kalori saya berasal dari diet lemak, nasi, pasta, sup, dan makanan kering-beku," pungkasnya.

TAGS : Unik Perenang Samudra Pasifik Rekor




TERPOPULER :