Rabu, 24/04/2024 12:37 WIB

Cegah Janin dari Infeksi Berbahaya dengan Pemeriksaan TORCH

Dengan pemeriksaan TORCH, Anda dapat mencegah janin dari infeksi virus berbahaya.

Dengan pemeriksaan TORCH, Anda dapat mencegah janin dari infeksi virus berbahaya (Foto: Ilustrasi)

Jakarta - Mempersiapkan kehamilan yang sehat sangat penting untuk kondisi kesehatan sang ibu sebelum hamil, sebab gaya hidup dan riwayat kesehatan ibu sangat berpengaruh besar bagi kesehatan kehamilan.

Para calon ibu harus mewaspadai ancaman infeksi berbagai virus yang membahayakan tumbuh kembang janin. Untuk memastikan kondisi kesehatan sang ibu pra-kehamilan, ada beberapa tes yang harus dijalani salah satunya TORCH.

Apa dan Bagaimana TORCH?

TORCH singkatan dari Toxoplasmosis, Other Infection (sifilis), Rubella, Cytomegalovirus (CMV), dan Herpes Simplex Virus (HSV).

Menurut Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Konsultan Fetomaternal RS Pondok Indah, Dr. dr Ali Sungkar, Sp. OG(K) infeksi yang berkenaan dengan virus TORCH membahayakan bagi wanita hamil dan janin yang dikandungnya.

Virus ini dipertimbangkan sebagai penyebab neonatus yang lahir dengan Intra Uterine Groth Retaration (IUGR), microephaly, klasifikasi intrakranial, konjungtiviti, ganguan pendengaran, ruam atau trombositopenia.

"Ada banyak faktor yang dianggap menjadi pemicu timbulnya virus TORCH, antara lain: wanita yang memelihara kucing dan membersihkan kotorannya, wanita dengan aktivitas seksual berisiko, dan wanita yang suka makan daging tidak matang," jelas dr Ali.

Pemeriksaan TORCH

Guna memastikan potensi virus TORCH ini sekaligus penanganannya, para calon ibu disarankan untuk menjalani pemeriksaan TORCH sebelum mengandung. Pemeriksaan sebaiknya dilakukan sedikitnya enam bulan sekali sebelum konsepsi.

Dalam pelaksanaannya, pemeriksaan meliputi anamnesis faktor risiko TORCH, pemeriksaan fisik untuk mencari adanya TORCH pada ibu, juga pemeriksan laboratorium untuk memeriksa antibodi TORCH.

Tak hanya melakukan skrining ini, upaya pencegahan munculnya virus TORCH pada kaum wanita dapat dilakukan dengan aktivitas gaya hidup sehat dan bersih serta menghindari aktivitas seksual berisiko.  

KEYWORD :

Tes TORCH Wanita Kehamilan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :