Jum'at, 19/04/2024 21:35 WIB

Baznas Ajak Masyarakat Bantu Palestina

Baznas diharapkan dapat membantu kebutuhan pengungsi Palestina di Yordania yang saat ini jumlahnya mencapai 2,2 juta jiwa.

Baznas ajak masyarakat bantu pengungsi Palaestina

Jakarta - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mengajak gerakan zakat dunia untuk membantu rakyat Palestina yang terus menderita akibat penjajahan Israel. Para pengungsi di Palestina masih membutuhkan bantuan seperti kesehatan, pendidikan keahlian serta microfinance.

Ajakan membantu Palestina disampaikan oleh Hafiza Elfira, Tim penggalangan dana Baznas untuk Palestina di Plaza Semanggi, Sabtu (2/5).

"Diharapkan masyarakat dapat terketuk hatinya untuk membantu rakyat Palestina, termasuk anak-anak dan wanita untuk bertahan hidup dengan layak," ujar Hafiza.

Menurut Hafiza, sekitar 1000 lebih pengungsi Palestina yang masih memerlukan bantuan agar mampu memenuhi kebutuhannya, baik sandang maupun pangan.

Hafiza menambahkan donasi yang diberikan masyarakat Indonesia tak hanya untuk membantu para pengungsi untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya, melainkan juga untuk berbagai program seperti pendidikan, pengembangan skill, dll.

"Selain memberi hidangan buka puasa di bulan Ramadan, Baznas juga memberikan pelayanan pendidikan kepada anak-anak hingga orang dewasa, khususnya para janda dengan skill-skill tambahan," tambahnya.

Sebelumnya Baznas bersama Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) membantu kebutuhan 2,2 juta pengungsi Palestina yang bermukim di Yordania.

Baznas berkunjung langsung ke Kamp pengungsian di Amman Yordania bersama Agensi Pekerjaan dan Pemulihan PBB untuk Pengungsi Palestina atau The United Nations Relief and Works Agency for Palestine Refugees in the Near East (UNRWA) Mei lalu.

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 H seperti saat ini juga membuat kebutuhan para pengungsi meningkat. Baznas diharapkan dapat membantu kebutuhan pengungsi Palestina di Yordania yang saat ini jumlahnya mencapai 2,2 juta jiwa.

Deputi Baznas, Arifin Purwakananta yang memimpin delegasi Baznas dalam kunjungan tersebut menyambut baik kerjasama ini. Ia mengatakan, masyarakat Indonesia merupakan masyarakat yang begitu peduli dengan Palestina. Mereka memberikan hati dan hartanya untuk rakyat Palestina.

Baznas menyiapkan program pendidikan dan kesehatan bagi pengungsi Palestina. Selain itu, bantuan juga disiapkan kepada para pengungsi untuk mendukung ibadah Ramadhan,” kata Arifin dalam siaran rilisnya.

Dari pertemuan tersebut diharapkan untuk membuka peluang kerjasama dengan Baznas dalam berbagai bidang bantuan kemanusiaan.

KEYWORD :

Palestina Zakat Baznas




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :