Kamis, 22/11/2018 03:28 WIB

Inovasi Bikin Pelayanan Zakat Lebih Meningkat

Dalam dunia digital, ia mengatakan Baznas juga meningkatkan pelayanan agar muzaki lebih mudah menunaikan zakat serta memperoleh informasi mengenai Baznas.

Ketua Badan Amil Zakat Nasional, Bambang Sudibyo

Jakarta - Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Bambang Sudibyo menilai untuk menciptakan pelayanan optimal bagi para muzaki dan mustahik, pihaknya melakukan inovasi total.

"Kita mendorong inovasi total untuk menciptakan pelayanan optimal bagi para muzaki dan mustahik. Agar fenomena zakat sesuai perkembangan zaman milenial yang serba digital,” ujar Bambang saat membuka Focus Group Discussion (FGD) bertema “B, Ramadhan, dan Inovasi Strategi Marketing Communication (Marcom)”, di Jakarta, Kamis (31/5/2018).

Hadir sebagai narasumber, Dirjen Bimas Islam Kemenag yang juga anggota Baznas Muhammadiyah Amin, Sekjen Kemenag 2006-2014, Bahrul Hayat dan Sekretaris Baznas, Jaja Jaaelani, MM.

Bambang menambahkan, Baznas telah melakukan inovasi sepanjang tahun di bidang penghimpunan maupun penyaluran zakat, infak dan sedekah (ZIS).

Hal itu, imbuh dia, mengarah kepada penggunaan digital dalam berbagai transaksi. Selain itu, mantan Menteri Pendidikan Nasional ini, menjelaskan, Baznas melakukan berbagai langkah progresif dalam pengembangan zakat digital.

Bambang mengatakan, berbagai inovasi yang dilakukan antara lain kampanye melalui media, baik itu media massa, media sosial maupun media luar ruang. Dalam dunia digital, ia mengatakan Baznas juga meningkatkan pelayanan agar muzaki lebih mudah menunaikan zakat serta memperoleh informasi mengenai Baznas.

Menurut dia, pengumpulan yang telah dilakukan Baznas melalui dunia digital, antara lain dalam servis berdonasi menggunakan beberapa aplikasi seperti Go Pay, OORTH, Kitabisa.com dan lain-lain. Kemudian, melalui platform digital milik Baznas, seperti website, fanpage Baznas, media sosial milik Baznas dan apps store Baznas yaitu Muzaki Corner.

Bambang juga mengimbau masyarakat memanfaatkan servis virtual robot zakat bernama "Zaki Baznas". Lalu menikmati kemudahan pembayaran zakat, infak dan sedekah secara digital melalui beberapa saluran.

TAGS : Zakat Baznas Mustahik




TERPOPULER :