Kamis, 25/04/2024 09:21 WIB

China Permudah Langkah Investor Asing Berinvestasi

investasi asing di China mencapai tertinggi baru 877,56 miliar yuan (sekitar 136,72 miliar dolar AS) pada 2017, naik 7,9 persen dari tahun ke tahun.

Presiden China, Xi Jinping, juga sekretaris jenderal Partai Komunis China Central Committee dan ketua Komisi Militer Pusat, menghadiri sebuah pertemuan besar dalam rangka memperingati 90 tahun berdirinya Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) di Aula Besar Rakyat Di Beijing, China, 1 Agustus 2017 ( Foto:Xinhua)

Jakarta - Dewan Negara memutuskan pada pertemuan eksekutif yang dipimpin oleh Perdana Menteri Li Keqiang pada Rabu, (30/05) bahwa China akan menggulirkan langkah-langkah yang lebih ramah bagi investor asing untuk lebih meningkatkan keterbukaan dan peningkatan ekonomi negara tersebut.

Diputuskan pada pertemuan bahwa akses pasar akan diperlebar. Komitmen telah dibuat untuk membatalkan atau mengurangi pembatasan investasi asing di sektor manufaktur seperti mobil, kapal pelayaran, dan pesawat terbang akan segera dilaksanakan.

Mekanisme mengenai investor luar negeri yang memenuhi syarat akan diperluas untuk mendorong investor luar negeri demi berpartisipasi dalam perdagangan berjangka minyak mentah dan bijih besi dan memberikan lebih banyak dukungan kepada lembaga keuangan yang diinvestasikan asing dalam penjaminan obligasi pemerintah daerah.

"Kita harus berusaha untuk mempertahankan status China sebagai tujuan utama untuk investasi asing. Pembukaan telah mendorong upaya reformasi China dalam 40 tahun terakhir. Perusahaan-perusahaan investasi asing telah menjadi penyumbang signifikan ekspor Cina. Lebih penting lagi, mereka telah dibawa ke industri China dan mendorong reformasi serta inovasi perusahaan, "kata Li dilansir Xinhua.

Menurut Kementerian Perdagangan, investasi asing di China mencapai tertinggi baru 877,56 miliar yuan (sekitar 136,72 miliar dolar AS) pada 2017, naik 7,9 persen dari tahun ke tahun.

Dalam pertemuan itu juga memutuskan bahwa fasilitasi investasi akan ditingkatkan berdasarkan standar internasional. Daftar negatif pada akses pasar investor asing akan direvisi dan dirilis sebelum 1 Juli mendatang.

Pemerintah provinsi akan didelegasikan otoritas atas pengaturan atau perubahan bisnis perusahaan investasi asing dengan total investasi 1 miliar dolar.

Persyaratan pengajuan dalam program percontohan akan dilonggarkan bagi perusahaan multinasional yang memenuhi syarat untuk memiliki fleksibilitas yang lebih besar dalam mengelola modal mata uang asing mereka di Tiongkok.

Selain memudahkan investor asing, China juga mempermudah prosedur perijinan TKA untuk bekerja di China, dan karyawan asing yang memenuhi syarat yang disewa oleh perusahaan yang terdaftar di China akan dapat memperoleh visa mereka untuk bekerja di China dalam dua hari kerja.

Li juga menyerukan rasa urgensi dalam menarik investasi asing. Dia menggarisbawahi perlunya langkah yang lebih besar dalam hal ini sebagai bagian dari upaya untuk memperluas dan membuka serta mengatasi proteksionisme perdagangan.

Juga diputuskan pada pertemuan bahwa kepentingan sah investor asing akan lebih terlindungi. Semua pelanggaran, pemalsuan, pelanggaran rahasia komersial, dan merek dagang akan ditangani secara serius. Kompensasi untuk pelanggaran kekayaan intelektual akan meningkat secara signifikan.

Investor asing akan didorong untuk berinvestasi lebih banyak di wilayah tengah, barat dan di sektor-sektor seperti pertanian modern, pelestarian ekologi, manufaktur maju, dan layanan modern.

"Kita perlu membidik bar yang lebih tinggi dalam menarik investasi asing. Kita harus meningkatkan kapasitas inovasi kita di babak pembukaan baru dan melihat bahwa semua kekayaan intelektual sepenuhnya dilindungi," kata Li.

KEYWORD :

China Perdagangan Internasional Investor Asing




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :