Rabu, 24/04/2024 13:01 WIB

Tetap Sehat dan Bugar Saat Puasa dengan 5 Tips Ini

Jika selama berpuasa Anda tetap menjaga pola makan, maka itu artinya Anda bisa juga menghindari kebiasaan buruk untuk tubuh Anda.

ilustrasi komposisi makanan sehat.(Foto : sulieknek.lt)

Jakarta - Berpuasa saat bulan suci Ramadan merupakan peluang emas untuk menjalankan disiplin dan mempertimbangkan mengurangi makanan berlemak dan kebiasan buruk seperti merokok.

Berikut Ahli Kesehatan Dirgantara Dr. Wendri W.P.Pelupessy, MKK, DKK, AME, HIMu memberikan beberapa tips puasa sehat agar Anda tetap memastikan Kesehatan selama bulan Ramadan.

1. Jangan lewatkan sahur

Walau tampaknya menakutkan untuk bangun di larut pagi dan memaksa untuk makan, sangatlah penting bagi Anda untuk tidak melewatkan jadwal makan yang sangat penting ini.

Seperti kita ketahui, sarapan adalah jadwal makan yang paling penting selama bulan Ramadan, bahkan lebih penting karena akan membuat Anda tetap beraktivitas tanpa halangan sampai jadwal berbuka puasa datang. Pilihlah makanan yang lambat dicerna
semisal karbohidrat kompleks dan serat yang akan membuat Anda tahan lebih lama dan minum banyak air untuk menjaga Anda terhidrasi.

2. Berbuka puasa dengan makanan bergizi

Karena Anda telah berpuasa sepanjang hari, sangat penting bagi Anda untuk berbuka puasa dengan sesuatu yang dikemas dengan nutrisi yang baik. Secara tradisional, orang berbuka puasa dengan kurma segar karena mereka secara alami memiliki kadar gula tinggi, kaya akan vitamin dan mineral dan memberikan dorongan energi yang cepat.

Mengonsumsi kurma dengan makan mengandung protein seperti kacang-kacangan akan membantu agar terhindari dari peningkatan mendadak gula darah; alangkah baik bila ditemani dengan segelas air.

3. Upayakan minum jus

Mengonsumsi semua sayuran hijau dan sayuran lainnya dalam diet Anda selama Ramadan dapat menjadi tantangan bagi Anda sehingga pertimbangkan untuk mendapatkannya dalam dalam juicer untuk memastikan Anda tidak kehilangan semua nutrisi yang Anda butuhkan
selama berpuasa.

Mungkin tidak realistis untuk mendapatkan jumlah ideal dari buah dan sayuran yang diperlukan dalam diet harian Anda, tetapi jus menawarkan alternatif untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan apa yang tubuh Anda butuhkan.

4. Berbuka puasa tidak berarti memanjakan diri

Hal terakhir yang dibutuhkan tubuh setelah seharian penuh puasa adalah, makanan berat yang walaupun seringkali sulit untuk dicerna sehingga akan membuat Anda merasa lelah dan perut terasa bengkak.

Selama berbuka, pilihlah makanan ringan seperti sup atau salad untuk mengaktifkan metabolisme dan kemudian dilanjutkan dengan makanan yang sedikit lebih berat satu jam kemudian.
 
Luangkan waktu untuk benar-benar mengunyah makanan Anda dengan benar dan menikmati saat-saat tersebut dengan rasa syukur. Mengonsumsi makanan dari semua kelompok makanan, memastikan diet seimbang sepanjang bulan.

5. Segalanya dalam Keseimbangan

Mari kita lihat, berbuka biasanya melibatkan beberapa jenis makanan penutup tradisional dan permen dan meskipun mereka mungkin tidak penuh dengan nutrisi, tidak ada yang dapat menyangkal citarasanya yang besar.

Jangan menekan diri Anda sepenuhnya selama bulan suci, tidak apa-apa untuk sedikit memanjakan diri supaya Anda tidak memiliki hasrat berlebih sepanjang jam puasa.

Pastikan kita cerdas dalam mengelolanya dan pastikan semua sesuai dengan yang seharusnya, sebuah jamuan makan yang menyenangkan.

KEYWORD :

Puasa Sehat Bugar Tips




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :