Senin, 19/11/2018 16:42 WIB

Selain Ibadah, Puasa juga Bisa untuk Detoksifikasi

Perlu diingat jika keberhasilan detoks tidak hanya prestasi berat badan tetapi juga kebugaran tubuh Anda.

Banyak cara menerapkan gaya hidup sehat, salah satunya dengan detoksifikasi (Foto: Muara Bagdja)

Jakarta - Banyak cara menerapkan gaya hidup sehat, salah satunya ialah proses detoksifikasi yang dapat mendukung proses healthy aging. Hal ini disampaikan oleh Dokter Spesialis Gizi Klinik, Lifestyle and HeaLthy Aging Expert, dr. Abdullah Firmansyah, SpGK

Seperti apa gaya hidup sehat? dr Firmansyah mengatakan kembali ke definisi masing-masing, bagaimana Anda bisa hidup lebih sehat tanpa paksaan baik dari luar ataupun dari dalam diri.

"Hal ini yang perlu dipahami, setelah menerapkan gaya hidup sehat apakah Anda akan makin segar bukan sebaliknya makin pucat," ucapnya dalam Talkshow "Empowering Healthy Lifestyle Through Detoxification to Achive Wellness Balance, di Jakarta.

Detoksifikasi artinya membuang kotoran atau racun dalam tubuh melalui berkeringat (olahraga) yang dilakukan setiap hari secara tidak sadar, dan melalui proses food (makanan yang tidak sama dengan bentuk aslinya).

"Baiknya detoks dilakukan dengan disiplin selama tiga bulan berturut-turut, termasuk puasa juga bisa sebagai detoks karena 14 jam tidak mendapat asupan. Sebulan puasa ditambah dua bulan lagi bisa dibarengi dengan puasa lanjutan," jelas dr. Firmansyah.

Dianjurkan selama menjalani detoks tidak melakukan cheating (makanan asal yang tidak dianjurkan). Setelah tiga bulan sebagai masa awal, Anda bisa sesekali melakukan cheating.

"Biasanya pakai portion size, dikurang seperempat dari biasanya, agar tidak craving/ceating. Untuk asupan karbo bisa dikurangi porsinya atau bisa diganti dengan roti gandum," jelasnya.

Dalam praktiknya, makan sudah teratur tetapi berat badan tidak turun signifikan, bisa dievaluasi lagi apakah kondisi psikologis sedang bermasalah. "Perlu diingat jika keberhasilan detoks tidak hanya prestasi berat badan tetapi juga kebugaran tubuh Anda," terang dr Fimansyah.

Kurangi kopi dan teh karena banyak buang air, memancing buang air kecil. Jadi perbanyak dengan air putih. Sebagai informasi, detoks juga bisa untuk  membantu program hamil yang bisa dilakukan bersamaan.

TAGS : Puasa Detoksifiksi Hidup Sehat




TERPOPULER :