Kamis, 25/04/2024 16:38 WIB

Jelmaan Batik Sembagi ala Ghea Panggabean

Dalam Ramadhan in Style 2018, Desainer Ghea Panggabean mempersembahkan rancangan motif batik Sembagi.

Batik Sembagi karya Ghea Panggabean (Foto: Istimewa)

Jakarta - Untuk koleksi Ramadan kali ini, Ghea Panggabean mengangkat motif Batik Sembagi dalam nuansa warna ‘merah matang’ dan ‘biru indigo’ yang ditranslasikan ke dalam gaya modest wear yang bernuansa Folkloric dan Mix & Match di atasan ekabahan seperti, chiffon, jersey dan satin.

"Styling-nya Mix & Match bisa dipadupadankan sesuai selera pemakai dan berupa berbagai macam kaftan dan tunik pendek maupun panjang yang dilengkapi dengan selendang, kerudung dan turban,serta kalungnya dengan gaya Folklore Bohemian," ujar Ghea.

Koleksi ini bisa dipadupadankan atau mix & match sesuai selera dengan gaya ‘Folkloric Style’ atau ‘Boho Mix & Match’, bisa tabrak motif dan bisa tabrak warna atau yang lainnya.

"Motif Sembagi dalam koleksi ini terinspirasi dari Kain Sembagi atau disebut juga dengan Chintz (kain dengan motif bunga) dahulu kala berasal dari pesisir Coromandel India," ucapnya.

Sembagi mulai muncul di Kerajaan Sriwijaya sekitar abad ke -VII. Perdagangan kain Sembagi menyebar di seluruh daerah Sumatra dan Jawa. Batik Sembagi merupakan jenis batik yang berkembang di Sumatra dan dikagumi banyak orang khususnya Jambi, Palembang dan Lampung.

Ghea juga menampilkan beberapa koleksi dengan teknik print prada emas dan bordir benan gemas ciri khasnya dan juga tribal prints untuk melengkapi koleksi Ramadhan kali ini. Koleksi ini sangat unik dengan warna-warni khas Ghea yang Ethnic dan Folkloric.

KEYWORD :

Batik Sembagi Ghea Panggabean Fashion Ramadan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :