Jum'at, 21/09/2018 02:59 WIB

Cetak Gol Salto di Final Champions, Seberapa Keren?

Bale bukan pemain pertama yang sukses mencetak gol salto di laga sekelas final Liga Champions.

Gareth Bale mencetak gol salto saat mengandaskan Liverpool di final Liga Champions 2018 (Foto: Real Madrid)

Jakarta – Nama Gareth Bale menjadi buah bibir penikmat bola seluruh dunia pada Minggu (27/5) dini hari. Overhead kick alias gol saltonya ke gawang Liverpool dalam pertandingan final Liga Champions, mengantarkan Real Madrid merengkuh titel ke-13. Tiga gelar berturut-turut dalam tiga tahun terakhir.

Bale bukan pemain pertama yang sukses mencetak gol salto di laga sekelas final Liga Champions. Tahun lalu, saat Juventus berhadapan melawan Real Madrid di partai puncak, Mario Madzukic juga membuat dunia berdecak kagum.

Bedanya, gol salto Mandzukic tak sanggup mengantarkan klub berjuluk ‘Si Nyonya Tua’ itu meraih titel tertinggi se-tanah Eropa.

Bila gol salto tak cukup membuat Bale terdengar keren, gengsi Champions bisa jadi pembeda. Pasalnya Liga Champions merupakan kompetisi tahunan UEFA (Union European Football Association) yang mempertemukan klub-klub divisi tertinggi se dataran Eropa.

Raksasa-raksasa yang berasal dari Liga Inggris, La Liga, Serie A, Ligue 1, Bundesliga, dan Eredivisie akan beradu taktik dan kualitas demi sebuah gengsi.

Selain membawa Madrid memenangkan gelar ke-13, gol salto Bale juga menambah deretan pemain bintang yang mampu menceploskan overhead kick dalam laga penting. Sebelum Bale, dunia pesepakbolaan mengantongi nama Juan Mata, Griezmann, hingga Ibrahimovic. Berikut ulasannya.

  1. Juan Mata

Publik Anfields memberikan tepuk tangan meriah saat Juan Mata mencetak gol salto untuk Manchester United, dalam duel klasik melawan Liverpool pada 22 Maret 2015. Dua golnya membungkam The Reds di kandangnya sendiri dengan skor akhir 2-1.

  1. Antoine Griezmann

Layaknya Mandzukic, gol salto Griezmann di Liga Champions tak cukup dikenang publik. Pasalnya, gol itu dia cetak saat melawan AS Roma di babak penyisihan. Namun sayangnya di akhir fase grup, Atletico tak mampu lolos ke babak 16 besar.

  1. Zlatan Ibrahimovic

Si jangkung ini pernah mencetak gol fenomenal terindah dalam sejarah sepak bola, kala membela Swedia dalam sebuah laga uji coba melawan Inggris. Memanfaatkan blunder Joe Hart yang keluar dari kotak penalti, Ibrahimovic melepaskan tendangan salto dari jarak 40 meter.

  1. Wayne Rooney

Gol salto Rooney dalam pertandingan derbi Manchester United kontra Manchester City membuat gemuruh publik Old Trafford. Umpan silan Luis Nani dari sisi lapangan, disambut dengan tendangan salto yang menghujam deras di gawang Joe Hart.

  1. Cristiano Ronaldo

Ingatan publik tentu belum lekang oleh gol salto Cristiano Ronaldo. Gol itu dicetak dalam putaran pertama perempat final Liga Champions 2018 di Juventus Stadium. Setelah menerima umpan lambung dari Dani Carvajal, Ronaldo melesakkan gol salto dan membuat kiper Juventus Gianluigi Buffon tak bergeming.

TAGS : Liga Champions Real Madrid Liverpool Gareth Bale




TERPOPULER :