Selasa, 23/04/2024 20:44 WIB

Tiga Aktris Ini Ungkapkan Kepedulian Pada Anak Panti

Mereka bersama-sama turun tangan membantu anak-anak yatim dalam berbagai kegiatan.

Ayudia Bing Slamet, Ringgo Agus Rahman dan Adi Nugroho berbagi kebahagiaan dengan anak panti melalui moment Belanja Berbagi.(Foto : Istimewa)

Jakarta - Bulan ramadan merupakan momen istimewa bagi setiap keluarga di Indonesia untuk berkumpul bersama dengan orang-orang tercinta seperti halnya keluarga-keluarga muda Ayudia Bing Slamet, Ringgo Agus Rahman dan Adi Nugroho. Sayangnya, momen istimewa ini tak seluruhnya bisa dirasakan oleh jutaan anak yatim piatu yang tumbuh tanpa sosok keluarga kandung.

Keberadaan panti asuhan menjadi keluarga baru dan memberikan harapan baru untuk tumbuh meraih impian, cita-cita, dan menjadi pribadi yang hebat.

Aktris sekaligus ibu dari Dia Sekala Bumi, Ayudia Bing Slamet, berbagi cerita. Kesempurnaan ibadah disetiap moment bulan suci ramadan menjadi dambaan setiap ibu seperti ia. Kesempurnaan itu makin terasa ketika ia bisa berbagi dengan anak-anak yatim.

"Seneng banget dengan `Belanja Berbagi`, aku bisa berbagi kebaikan kepada 1001 panti asuhan di Indonesia sekaligus berbelanja kebutuhan sehari-hari, mulai dari kebutuhan untuk sahur, berbuka, perlengkapan bersih-bersih pakaian dan rumah, baik untuk saya, suami dan si kecil," jelas Ayudia di Panti Asuhan Muhammadiyah Jakarta, Kamis (24/5).

"Momen ini pun makin terasa lengkap, tidak hanya untukku dan keluarga kecilku tetapi juga untuk anak-anak yatim piatu bersama keluarga besar panti asuhannya," lanjut Ayudia.

Selain Ayu, aktor sekaligus ayah satu anak, Ringgo Agus Rahman, juga bercerita, sejak Bjorka lahir, ia menempatkan kebahagiaan anak di atas segala-galanya. "I will do the best for Bjorka. Namun, Bjorka bukan satu-satunya anak yang berhak atas kebahagiaan tersebut," kata Ringgo.

Sebagai ayah, Ringgo juga sadar ada teman-teman Bjorka di luar sana yang kurang beruntung, tidak memiliki keluarga dan tinggal di panti asuhan. Ia ingin mereka juga merasakan kebahagiaan seperti yang Bjorka rasakan.

"Jadi sebisa mungkin saya melakukan sesuatu dan berkontribusi terhadap mereka dan panti asuhan yang menjadi rumah dan keluarga bagi jutaan anak yatim piatu di Indonesia, sesederhana membawa Bjorka berkunjung dan berpartisipasi dalam kegiatan di panti asuhan, atau memberikan donasi untuk pengembangannya," lanjut Ringgo.

Hal senada juga disampaikan oleh presenter sekaligus suami dari aktris Donita, Adi Nugroho. Ia selalu berusaha untuk menyempatkan waktu berkunjung dan memberikan bantuan ke anak yatim piatu, walaupun hanya sebentar. Terlebih, bulan ramadan seperti saat ini menjadi momen yang tepat untuk berbagi dengan mereka.

"Karena saya menyadari setiap bantuan yang kita berikan bermakna bagi mereka dalam melanjutkan kehidupan dan cita-citanya kelak. Ada baiknya berbagi dengan anak-anak yatim tidak hanya dilakukan pada momen-momen tertentu. Berbagi kebaikan dengan mereka dapat dilakukan kapan saja, secara rutin sepanjang tahun," jelas Adi Nugroho.

Hal ini disadari betul oleh Ayu, Ringgo dan Adi dan memotivasinya untuk menjadi bagian dari program "Belanja Berbagi" persembahan Unilever Indonesia bersama Badan Zakat Amil Nasional (BAZNAS) dan dan Majelis Pelayanan Sosial PP Muhammadiyah.

Ketiga aktris ini terlibat dalam rangkaian peluncuran program "Belanja Berbagi" di Panti Asuhan Muhammadiyah Tanah Abang, dimana mereka bersama-sama turun tangan membantu anak-anak yatim dalam berbagai kegiatan seperti bersih-bersih panti asuhan, demo masak makanan sehat, pesantren kilat, nonton bersama film 3D Paddle Pop, edukasi perilaku hidup bersih dan sehat serta berbuka bersama.

Dalam sesi edukasi, anak-anak yatim akan diajarkan mengenai kebiasaan mencuci tangan pakai sabun, menyikat gigi dua kali sehari setelah sarapan dan sebelum tidur malam, serta pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan mereka tinggal dengan membiasakan membuang sampah pada tempatnya.

"Kami berharap semakin banyak masyarakat Indonesia yang turut mensukseskan program ini. Selain mudah dan sesederhana saat berbelanja kebutuhan sehari-hari, manfaat dari program ini dapat dirasakan oleh 1001 panti asuhan di Indonesia, tidak hanya bulan ramadan tetapi selama setahun kedepan sehingga mampu membantu anak yatim untuk mendapatkan penghidupan yang layak, baik secara finansial, fasilitas maupun edukasi anak yatim piatu," tutup mereka.

Sancoyo Antarikso selaku Governance & Corporate Affairs Director and Corporate Secretary PT Unilever Indonesia Tbk menjelaskan "Belanja Berbagi" mengakomodasi kebiasaan ini dengan mengajak masyarakat untuk berbagi kebaikan dengan berdonasi kepada panti asuhan, sesederhana saat berbelanja sehari-hari.

"Ini menjadi perwujudan komitmen Unilever Sustainabile Living Plan (USLP) kami dalam meningkatkan penghidupan jutaan orang pada 2020, salah satunya melalui panti asuhan sebagai tempat yang berkontribusi dalam membentuk generasi muda Indonesia, sebagai penerus bangsa," jelasnya.

KEYWORD :

Ayudia bing slamet Ringgo Agus anak panti




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :