Jum'at, 19/04/2024 10:03 WIB

Info Ketenagakerjaan

Menaker Dorong Pemuda di Pamekasan Menjadi Wirausaha Mandiri

Menaker Hanif, wirausaha di Indonesia baru mencapai 3,1 persen atau belum sampai 4 persen

Menaker Hanif Dhakiri

Pamekasan - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M. Hanif Dhakiri mendorong  agar para pemuda di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur semakin banyak yang menjadi wirausaha. Untuk memperbanyak jumlah wirausaha, maka investasi paling utama adalah memperkuatskill atau keterampilan anak muda agar kabupaten Pamekasan mampu bersaing dengan kabupaten-kabupaten lain.

“Kalau kabupaten Pamekasan ini mau maju dan bersaing dengan kabupaten lain, maka potensi anak muda ini harus dibangun, diperkuatskill-nya agar mereka nanti sanggup bersaing dengan SDM dari daerah lain,” kata Menaker Hanif saat  memberikan kuliah tamu kepada  akademisi pegiat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bakti Bangsa, Pamekasan, Senin Malam (21/5/2018).

Temu akademi yang bertema bertema “Enterpreneurship  Mengentaskan Pengangguran”  dihadiri oleh Ketua DPRD Jatim  Halim Iskandar, Ketua Yayasan STIE Bakti Bangsa Holis, 300 mahasiswa dan berbagai Ormas pemuda  di kabupaten Pamekasan.

Menaker Hanif mengatakan, skill merupakan cara perlindungan terbaik untuk warga negara. Skill diperlukan anak-anak muda di masa depan karena melalui skill yang baik, anak-anak muda bisa melindungi dirinya dalam dunia yang penuh persaingan.

Untuk mengembangkan wirausaha, Menaker Hanif mengatakan syaratnya harus ada ekosistem yang dibangun di daerah. Pertama, kemudahan memperoleh pelatihan skill. Harus ada akses dan tempat yang memadai. Kedua, harus ada skema pembinaan yang jelas.

“Kalau butuh pembina, harus pembina yang telah memiliki pengalaman. Jangan sampai pembinanya tidak memiliki wirausaha. Salah satu yang bisa dimanfaatkan adalah dengan bekerjasama industri tertentu yang menekuni wirausaha, “ katanya.

Syarat Ketiga, kata Menaker, adalah akses permodalan yang menjadi penting untuk memastikan usaha yang dirintis bisa dikembangkan lebih lanjut. Keempat inkubasi bisnis.

“Jadi harus ada akses modal, inkubasi bisnis, skema modal dan pembinaannya juga ada. Kalau ini ada, maka kekuatan wirausaha di Indonesia akan berkembang di masa yang akan datang, “ katanya.

Menaker Hanif menjelaskan wirausaha di Indonesia masih kalah dibanding negara lain. Standar Intenasional, akan dianggap cukup negara itu jika kalau empat persen dari jumlah penduduknya adalah wirausahawan.

Hingga saat ini, kata Menaker Hanif, wirausaha di Indonesia baru mencapai 3,1 persen atau belum sampai 4 persen. Jumlah wirausaha Indonesia tersebut masih kalah dibandingkan Malaysia yang sudah mencapai 5 persen, Singapura 7 maupun  Jepang yang sudah mencapai 9 persen.

“Artinya ada PR besar di republik ini yakni bagaimana anak-anak muda ini didorong bukan sekedar punya skill untuk bekerja. Tetapi yang penting bagaimana punya skill untuk menciptakan lapangan kerja sehingga anak-anak tak bergantung kepada lapangan kerja, “ ujar Menaker Hanif.

“Skill diperlukan untuk kepentingan dua hal. Pertama, dalam hubungan dengan kerja, maka skill bisa jadi alat untuk masuk ke pasar kerja/perusahaan/industri dll. Kedua, skill itu juga bisa jadi dasar kewirausahaan. Tak mungkin dia akan wirausaha tanpa skill yang dimiliki untuk membangun wirausaha,” kata Menaker Hanif.

 

 

KEYWORD :

Info Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri Menaker




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :