Kamis, 25/04/2024 20:14 WIB

Cak Imin Dukung Peningkatan Kuantitas dan Kualitas Seni Beladiri Indonesia

Seni beladiri Indonesia yakni pencak silat adalah merupakah tradisi budaya yang tumbuh dan mengakar sangat kuat di seluruh tanah air Indonesia.

Wakil Ketua MPR, Muhaimin Iskandar menghadiri acara Pengukuhan Hutomo Mandala Putra, Minggu (20/5).

Jakarta - Wakil Ketua MPR RI, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, menghadiri acara Pengukuhan Hutomo Mandala Putra sebagai Ketua Dewan Penasehat Federasi Beladiri Profesional Indonesia (FB Pro Indonesia) dan Muhaimin Iskandar sebagai Ketua Dewan Pembina FB Pro Indonesia.

Acara yang digelar di Ballroom Singosari, Hotel Borobudur Jakarta, Minggu (20/5) itu dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahwari, anggota MPR RI Fraksi PKB Daniel Johan, para Pimpinan FB Pro Indonesia dan sekitar lebih dari 100 pendekar silat Indonesia dari berbagai perguruan silat dan komunitas beladiri Indonesia dari berbagai daerah.

Dalam sambutannya, Cak Imin mengatakan bahwa seni beladiri Indonesia yakni pencak silat adalah merupakah tradisi budaya yang tumbuh dan mengakar sangat kuat di seluruh tanah air Indonesia. Silat adalah khasanah kekuatan bangsa yang tumbuh dan berkembang sejak berabad-abad lalu sejak jaman kerajaan hingga sekarang.

Silat, tidak hanya menumbuhkan kemampuan ketahanan fisik dan mental rakyat Indonesia tapi juga di dalamnya ada penanaman nilai-nilai luhur, tradisi dan budaya sehingga melahirkan pribadi-pribadi yang berkarakter kuat dan kokoh, mandiri dan berakhlakul karimah.

Namun, sayangnya kekuatan tersebut telah lama tak terdengar karena belum ada penanganan secara profesional.

"Saya berharap organisasi seperti FB Pro inilah yang secara profesional akan mengangkat harkat dan kewibawaan seni silat di tanah air di negeri sendiri dan di mata dunia," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Cak Imin mendukung berbagai upaya seperti yang dilakukan FB pro Indonesia.  Bukan hanya itu, para kepala daerah, para Gubernur, Bupati, Walikota harus berperan aktif memperhatikan bidang seni beladiri Indonesia tersebut.

"Atlet-atlet beladiri Indonesia atau para pendekar ini banyak di daerah sampai desa-desa dan butuh perhatian pemerintah daerah.  Para Kepala Daerah harus gencar mempromosikan dan melakukan pembinaan secara profesional kepada mereka sehingga bukan saja akan muncul atlet yang membanggakan tapi juga mensejahtetakan mereka," tandasnya.

KEYWORD :

Warta MPR Muhaimin Iskandar beladiri




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :