Jum'at, 19/04/2024 15:25 WIB

Tim Monev Pastikan Dana Desa di Sabang Siap Dicairkan

Bagi Kades ini, Dana Desa sangat bermanfaat bagi pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di Desanya.

Monitoring dan Evaluasi Perkembangan Pencairan Dana Desa di dua Kecamatan, yakni Kecamatan Sukajaya dan Sukakarya di Kota Sabang, Provinsi Aceh

Jakarta -  Dana Desa Tahap 1 di dua Kecamatan, yakni  Kecamatan Sukajaya dan Sukakarya di Kota Sabang, Provinsi Aceh siap dicairkan dari Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) ke Rekening Kas Desa (RKDesa).

Hal tersebut disampaikan Koordinator Program Pendampingan Regional 1, Arwani,  saat kunjungan kerja di kota tersebut dalam rangka Monitoring dan Evaluasi Perkembangan Pencairan Dana Desa Tahap 1 dan Perkembangan Pelaksanaan Program Padat Karya Tunai Desa di Kota tersebut.

"Itu sangat penting untuk disosialisasikan kepada pihak-pihak terkait dan memastikan program dapat terlaksana sesuai harapan," ujar Arwani.

Saat monitoring itu, Arwani mendapatkan laporan realisasinya langsung dari  Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat Gampong dan Pemberdayaan Perempuan dan Anak (Sosial, PMG dan PP&A) Kota Sabang, Aceh, Iskandar Muda.

Kata Iskandar Muda bahwa proses verifikasi APBDes dari 18 Desa telah selesai 11 Desa dan telah diajukan ke Dinas Keuangan Kota untuk dilakukan proses pencairan dari RKUD ke RKDesa. "Insya Allah, Senin besok ke 11 Desa tersebut diharapkan sudah cair. Sedangkan 7 Desa lainnya masih dalam proses menyusul", kata Iskandar.

Adapun nama-nama Desa yang sudah dalam proses pencairan yaitu, di Kecamatan Sukajaya meliputi Desa Le Meulee, Ujong Kareung, Anoi Itam, Cot Ba`u, Cot Abeuk, Balohan dan Beurawang. Dari Kecamatan Sukakarya meliputi Desa Kuta Ateuh, Kuta Timu dan Paya Seunara.

Sedangkan Desa-desa yang masih dalam proses penyelesaian verifikasi APBDes dari Kecamatan Sukajaya meliputi Desa Jaboi, Keuneukai dan Paya. Dari Kecamatan Sukakarya meliputi Desa Iboih, Aneuk Laot, Krueng Raya, Batee Shok dan Kuta Barat.

Menurut Kepala Desa Iboih yang merupakan Desa di Kilo Meter Nol Indonesia, T. Iskandar berharap agar DD segera dapat dicairkan dari RKUD ke RKDesa. Bagi Kades ini, Dana Desa sangat bermanfaat bagi pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di Desanya.

"Desa kami merupakan Desa Wisata. Dana Desa sangat bermanfaat bagi pengembangan wisata Desa yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat", katanya.

KEYWORD :

Dana Desa Pendampingan Aceh




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :