Sabtu, 22/09/2018 12:27 WIB

Tak Ada Larangan Makan Malam Usai Tarawih

Kadang masih banyak remaja putri yang sering berpikir habis salat tarawih tidak usah makan malam karena takut gemuk

Ketika berpuasa, tingkat endorfin yang beredar dalam tubuh cenderung meningkat (Foto: Ilustarasi/Shutterstock)

Jakarta - Tidak ada larangan untuk makan malam setelah shalat terawih. Hal ini ditegaskan Direktur Kesehatan Keluarga Kemenkes RI, dr. Eni Gustina, MPH, menanggapi kekhawatiran dari para remaja putri akan menjadi gemuk bila makan malam setelah salat tarawih.

“Makan malam setelah salat tarawih sangat boleh, kita seharian sudah puasa. Kadang remaja putri yang sering berpikir begitu, habis shalat terawih tidak usah makan malam karena takut gemuk. Itu salah, kita akan kurang energi. Porsinya yang mesti kita ubah, harus kita perhatikan sayurnya harus lebih banyak”, ucap Eni usai mengisi Seminar Kesehatan Remaja di Jakarta, Selasa (15/5).

Untuk itu, Eni menekankan pentingnya memahami dan menerapkan porsi piring makanku dengan menu yang bergizi seimbang dan membiasakan pola makan tersebut di keseharian.

Penting diperhatikan adalah setelah makan malam jangan langsung tidur. Jeda waktu tersebut dapat kita isi dengan kegiatan atau ibadah lainnya. Namun, Eni juga berpesan untuk tidak tidur terlalu malam, agar cukup istirahat dan tetap tepat waktu bangun untuk sahur kembali esok (dini) hari.

TAGS : Makan Malam Remaja Putri Tarawih




TERPOPULER :