Sabtu, 20/04/2024 09:54 WIB

Siwak Ternyata Bisa Atasi Masalah Kesehatan Gigi

Siwak, salah satu bahan alami telah dipercaya sejak lama untuk mengatasi masalah kesehatan mulut dan gigi.

Siwak, salah satu bahan alami telah dipercaya sejak lama untuk mengatasi masalah kesehatan mulut dan gigi

Jakarta - Ramadan menjadi bulan yang dinanti semua muslim di penjuru dunia. Di bulan penuh berkahini, kita berlomba untuk mendulang pahala dan berjalan ke arah yang lebih baik, langkah paling sederhana yang dilakukan misalnya dalam pemilihan produk yang digunakan atau dikonsumsi.

Ketua Umum Badan Kontak Majelis Taklim Hj. Syifa Fauzia, M.Art mengatakan sebagai langkah menuju jalan yang lebih baik atau berhijrah, sebisa mungkin kita pasti akan mengikuti dan mendekat pada ajaran-ajaran-Nya, termasuk misalnya menjaga kesehatan mulut dan gigi, bagian penting yang harus kita perhatikan, terutama saat berpuasa

Alangkah lebih baik,lanjut Syifa bila bahan dan kandungan yang digunakan saat membersihkan gigi sebisa mungkin mengikuti ajaran Nabi Muhammad SAW, seperti misalnya siwak.

Siwak, salah satu bahan alami yang telah dipercaya sejak lama untuk mengatasi masalah kesehatan mulut dan gigi. Diketahui, tanaman dengan batang bengkok berbau khas ini efektif dalam menghilangkan endapan plak dan menjaga kebersihan mulut.

Siwak berasal dari tanaman yang disebut salvadore persica yang tumbuh di sekitar Mekkah dan di Timur Tengah. Beberapa hadits menyebutkan manfaat siwak dalam menjaga kebersihan mulut.

Oleh karena itu, siwak telah digunakan secara luas di kalangan umat Islam sejak Nabi Muhammad SAW, seperti ada tertulis dalam Hadits Riwayat Bukhari, “Dari Hudzaifah ibnul Yaman Radhiyallahu ‘anhu, dia pun berkata: Adalah Rasulullah jika bangun dari malam dia mencuci menggosok mulutnya siwak.”

Hingga kini, siwak sangat dianjurkan dalam program kesehatan gigi preventif di negara-negara Muslim.

“Bersiwak adalah salah satu sunnah Nabi yang keutamaan dan dorongan untuk melakukannya terdapat dalam beberapa hadits yang banyak jumlahnya. Adapun penjelasan beberapa hadits tersebut mencakup setiap alat yang bisa digunakan untuk membersihkan gigi, jika memang dengan alat tersebut tercapai tujuan kebersihan gigi dan dilakukan dengan niat melaksanakan sunnah siwak," lanjutnya.

Dari sekian banyaknya manfaat siwak, sayangnya masyarakat modern kini tidak lagi melakukannya. Ketidakpraktisan serta kesulitan memperoleh siwak menjadi alasannya.

Untuk membantu Anda membersihkan gigi dan mulut sekaligus mendekatkan diri pada ajaran Nabi, PT. Kino Indonesia Tbk menghadirkan Sasha Halal Toothpaste yang merupakan pasta gigi pertama di Indonesia dengan serpihan siwak asli dan ekstrak daun sirih untuk membunuh bakteri penyebab plak dan bau mulut sehingga napas segar tahan lama.

Brand Manager Sasha Halal Toothpaste Danti Nastitin mengatakan siwak yang digunakan pada adalah siwak asli yang diserpihkan, bukan diekstrak.  “Sasha Halal Toothpaste mengandung bahan alami yang dianjurkan tidak mengandung alkohol dan bahanlainnya yang berasal dari hewan,” ujarnya.


KEYWORD :

Siwak Kesehatan Gigi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :