Sabtu, 20/04/2024 06:28 WIB

Manfaat Siwak untuk Kesehatan Gigi dan Gusi Anda

Dari sekian banyaknya manfaat siwak, sayangnya belum banyak masyarakat modern yang menggunakannya

Siwak digunakan sebagai tradisi turun menurun di banyak negara (Foto: Eka Pramita)

Jakarta - Sebuah penelitian menyebutkan, siwak mengandung sejumlah antiseptik alami yang membunuh mikroorganisme berbahaya di mulut, asam cokelat yang melindungi gusi dari penyakit, mencegah gigi berlubang, berwarna, dan membusuk serta minyak aromatik yang meningkatkan air liur.

Dosen Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Indonesia drg Nada Ismah, Sp.Ort mengatakan penggunaan siwak sejak zaman dahulu memiliki alasan yang tepat. Bernama latin salvadora persica, bentuknya seperti kayu ranting berwarna cokelat.

"Serat siwak mengandung zat yang sangat bermanfaat. Dalam siwak terdapat 19 zat alami, seperti fluor yang mengandung email, sulfur, antiseptic astringent, chlorin, essenial oils, dan lain-lain," ujar Nada di acara Sasha Halal Toothpaste di Jakarta, Jumat (18/5).

Kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan mencegah berbagai masalah gigi juga mulut. Bahkan organisasi kesehatan dunia (WHO) telah merekomendasikan sebagai alat pembersih gigi dan mulut yang alami.

Siwak pun digunakan sebagai tradisi turun menurun di banyak negara. "Mengunyah pohon siwak di Jepang dikenal dengan koyoji, gesam bila di Hebrew, gisa di Aramaic dan mastic di negara lain. Penggunaan siwak ini menbuktikan jika kayu siwak aman digunakan," tambah Nada.

Oleh karena itu, lanjut Nada, siwak sangat baik digunakan khususnya saat memasuki bulan puasa, dimana tidak adanya aktivitas mengunyah selama 12 jam lebih hingga air liur pun ikut berkurang.

KEYWORD :

Siwak Kesehatan Gigi Tips




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :