Rabu, 24/04/2024 14:06 WIB

Al Husseini, Muslim Penjaga Gereja Makam Kudus Yerusalem

Al Husseini tak canggung, kala setiap pagi dan sore harus melewati gang-gang sempit di Kota Yerusalem untuk menuju Gereja Makam Kudus.

Gereja Makam Kudus di Yerusalem (Foto: Sathora)

Yerusalem - Al Husseini tak canggung, kala setiap pagi dan sore harus melewati gang-gang sempit di Kota Yerusalem untuk menuju Gereja Makam Kudus. Sudah 44 tahun kegiatan ini terus berulang setiap hari.

Meski seorang Muslim yang taat, pemilik nama lengkap Adeeb Joudeh Al Husseini tersebut belum terbesit mempertanyakan keislamannya, hanya karena dipercaya menjadi pemegang kunci salah satu gereja tersuci umat Kristen itu.

Dilansir dari CBS News, kegiatan ini sudah dilakoni oleh keluarganya secara turun-temurun. Dan tahun ini, genap 850 tahun sudah kunci Gereja Makam Kudus berada di tangan keluarga Al Hussein.

"Ayah saya memberi saya kunci gereja ketika saya berusia delapan tahun. Sekarang usia saya 52 tahun," kata Al Husseini.

Menurut penuturan Al Husseini, keluarga Joudeh Al Husseini merupakan penjaga kunci kuno sejak 1187 silam, ketika saat itu Muslim menguasai Yerusalem.

Sementara Joudeh Al Husseini melindungi kunci itu dengan niat supaya bisa membuka dan menutup pintu bagi penganut Kristen yang ingin beribadah.

"Yerusalem bukan hanya untuk orang Kristen. Ini untuk orang Kristen, Muslim, dan Yahudi. Kami di sini hidup bersama dan kami berdoa untuk kedamaian," terang Al Husseini.

Gereja Makam Kudus merupakan salah situs tersuci umat Kristen. Di dalamnya dipercaya sebagai tempat penyaliban dan penguburan Yesus Kristus.

Setiap tahun jutaan peziarah membanjiri lorong-lorong kuno untuk berlutut di tempat Yesus dibaringkan. Peziarah juga turun ke tanah suci, tempat di mana mereka percaya Yesus akan kembali dibangkitkan.

"Saya ingin berada di sini untuk mencari tahu tentang nilai-nilai bersama dan bagaimana perbedaan di antara kita benar-benar bukan perbedaan besar," ujar salah seorang pengunjung asal New York Emilia Roseburg.

KEYWORD :

Unik Gereja. Makam Kudus Yerusalem Al Husseini




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :