Sabtu, 20/04/2024 15:55 WIB

Mendes Siap Fasilitasi Penambahanan Dana KUR Bagi Petambak di Lampung

Prukades di Lampung berhasil karena mulai bangkitnya kemitraan petambak bratasena dengan perusahaan dan pemerintah untuk produk unggulan kawasan pedesaan

Rumput laut (Foto: Istimewa)

Jakarta - Mendes Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasj Eko Putro Sandjojo salut dengan keberhasilan kerjasama kemitraan antara petambak bratasena dengan perusahan dan Pemkab Tulangbawang dalam hal produk unggulan kawasan pedesaan.

Itu disampaikan Eko Putro Sandjojo disela-sela saat menjadi pembicara dalam rapat koordinasi (rakor) percepatan penyaluran dana desa tahun 2018 di Birawa Assembly Hall, Hotel Bidakara Jakarta Selatan, pada rabu (9/5).

"Di Lampung berhasil dalam pengembangan prukadesnya karena mulai bangkitnya kemitraan petambak bratasena dengan perusahaan dan pemerintah untuk produk unggulan kawasan pedesaan," kata Eko Putro Sandjojo.

Dalam turut mendukung keberhasilan pengembangan prukades, Menteri Desa berjanji akan menambah dana kredit usaha rakyat (KUR) bagi petambak bratasena.

"Dengan syarat, jaringan listrik dikawasan bratasena sudah masuk," katanya.

Perlu diketahui bahwa Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo telah meninjau program produk unggulan kawasan perdesaan (Prukades) di desa Bratasena Adiwarna, Kabupaten Tulang Bawang, Lampung.

Peninjauan ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari penandatangan kesepahaman bersama pola kemitraan program Prukades antara Kemendes PDTT, Bupati dan perusahaan terkait tentang pengembangan dan pengelolaan Prukades. Bupati Tulang Bawang dengan PT Central Pertiwi Bhakti (PT CPB) dengan didukung oleh Bank BTPN telah bekerjasama dalam merevitalisasi tambak udang yang sempat terbengkalai.

Menurutnya, dengan kerjasama antara perusahaan CPB dengan Bupati Tulang Bawang yang dibantu oleh Bank BTPN dengan memberikan KUR tersebut bisa mengaktifkan kembali sebanyak 13 ribu petambak yang sempat terhenti dalam membudidayakan udang.

"Dalam model ini, para petambak kini bisa memulai membangun kembali. Apalagi, saat ini, petambak juga sudah bisa mendapatkan pendapatan sekitar 4 juta perbulannya," katanya.

Lebih lanjut, Eko mengatakan bahwa pendapatan tersebut akan bisa lebih meningkat lagi jika didukung oleh listrik yang masih belum terjangkau. Apalagi, untuk jaringan listriknya sudah tersedia. Hanya power stationnya saja belum tersedia.

"Kita lagi upayakan agar listrik bisa masuk kesini karena kalau ada listrik pendapatannya bisa naik lima kali lipat. Jadi pendapatan mereka bisa antara 15 juta hingga 20 juta perbulannya. Saya koordinasi dengan Menteri BUMN dan akan segera ditindak lanjuti dengan Dirut PLN," katanya.

KEYWORD :

Info Kemendes Prukades Eko Putro Sandjojo




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :