Selasa, 25/09/2018 00:51 WIB

Kulit Juga Bisa Alami Dehidrasi, Apa Penyebabnya?

Banyak faktor penyebab utama kulit mengalami dehidrasi yang berakibat kulit menjadi kering, kusam, dan iritasi.

dr Ratna mengatakan terkadang kita sering keliru dalam membedakan antara kulit kering atau kulit dehidrasi (Foto: Istimewa)

Jakarta - Permasalahan kesehatan kulit merupakan hal yang tidak bisa dianggap sepele dan sering kali diabaikan. Jika tidak diperhatikan dengan baik, kulit juga dapat mengalami stres yang berakibat kulit menjadi kering, sensitif, kusam dan berkerut. Salah satu penyebabnya karena kulit mengalami dehidrasi.

Dehidrasi kulit merupakan suatu kondisi kulit yang kandungan kadar airnya kurang optimal, sehingga dapat mempengaruhi tekstur kulit.

Medical Advisor PT. Galenium Pharmasia Laboratories, dr Ratna Purnamasari, mengatakan terkadang kita sering keliru dalam membedakan antara kulit kering atau kulit yang mengalami dehidrasi.

"Saat kulit terasa kering, kasar, terlihat bersisik dan kusam, kita menganggap itu hanya masalah kulit kering saja. Namun ketahuilah bahwa itu merupakan tanda-tanda kulit mengalami dehidrasi.”

Kulit kering hanya dipengaruhi oleh faktor usia, dimana aktivitas kelenjar minyak berkurang sehingga kulit akan terlihat kasar dan keriput.

Sedangkan kulit dehidrasi dipengaruhi oleh banyak faktor seperti pemakaian sabun bersifat alkalis, AC, sinar UV, dan polusi serta kekurangan asupan cairan yang berdampak pada penurunan elastisitas kulit, terlihat kusam, kasar, keriput, bersisik dan mulai terlihat garis-garis halus.

“Saat kulit terhidrasi dengan baik, kulit akan lebih siap untuk menyerap nutrisi apapun yang diberikan, sehingga hasilnya akan lebih optimal,” lanjutnya.

Dr Ratna  menyarankan untuk memulai perawatan kulit sedini mungkin agar kulit tetap terjaga hidrasi alaminya. Hidrasi lebih dari sekadar melembabkan, karena dapat mengikat air di lingkungan sekitar.

"Dengan begitu keseimbangan hidrasi kulit akan selalu terjaga dan lebih efektif untuk melakukan tugas dan fungsinya masing-masing, serta menjaga dari masalah lebih lanjut seperti keriput atau kerut halus yang dapat timbul di wajah,” tambahnya.
  

TAGS : kulit dehidrasi kering




TERPOPULER :