Kamis, 25/04/2024 21:41 WIB

Kemendes PDTT Gelar Expo BUMDes dan Bazar UMKM 2018

Kemendes

Jakarta - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi pada Selasa (8/5) menggelar kegiatan Expo Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan bazar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) 2018 di halaman kantor Kemendes PDTT jakarta.

Dalam kegiatan ini diikuti oleh 50 BUMDes yang terdiri dari 20 BUMdes binaan bank dan 30 BUMDes binaan UMKM yang berasal dari sejumlah desa.

Sekjen Kemendes PDTT Anwar mengatakan bahwa tujuan kegiatan Expo dan Bazar tersebut yakni untuk menggali potensi dan kreatifitas, sebagai sarana melakukan edukasi, sebagai sarana promosi dan interaksi juga sebagai hiburan dan alternatif belanja bagi masyarakat sekitar.

"Kegiatan ini sebagai langkah dalam turut mempromosikan hasil kreativitas usaha BUMDes sekaligus membuka peluang pemasaran produk unggulan masyarakat desa tertinggal secara luas, baik di dalam maupun luar negeri. Melalui BUMDes, para pelaku usaha kecil menengah (UKM) dapat mengembangkan bisnis sesuai keahliannya," katanya.

Dalam kegiatan expo dan bazar ini juga dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama / MoU antara Kemendes PDTT dan Bank Rakyat Indonesia( BRI) terkait pemanfaatan Indonesia Mall dalam upaya mendukung BUMDes Go Digital serta MoU dengan situs jual beli online Blanja.com dalam upaya mendukung produk desa.

“Mou menjadi pintu masuk BUMDes yang saat ini jumlahnya mencapai 32 ribu melampaui target nasional yang hanya 5.000 BUMDes. Melalui pintu lembaga ekonomi BUMDes diharapkan harkat martabat perekonomian Indonesia bisa ditingkatkan,” katanya.

KEYWORD :

Info Kemendes BUMDes




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :