Kamis, 25/04/2024 11:57 WIB

Tabrakan Beruntun, Dovi Salahkan Pedrosa dan Lorenzo

Menjelang lap terakhir, Lorenzo menjaga Dovizioso dan Pedrosa di posisi kedua saat Dovizioso melakukan pergerakan pada rekan setimnya di Turn 6.

MotoGP (foto: Autosport)

Jakarta - Pebalap Ducati, Andrea Dovizioso menyalahkan Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo untuk kecelakaan yang menyebabkan ketiganya keluar dari balapan MotoGP di Jerez.

Menjelang lap terakhir, Lorenzo menjaga Dovizioso dan Pedrosa di posisi kedua saat Dovizioso melakukan pergerakan pada rekan setimnya di Turn 6.

Kedua pebalap itu melebar dan ketika Lorenzo berusaha memotong untuk merebut kembali posisinya, dia melakukan kontak dengan Pedrosa, yang mencoba melewati kedua rivalnya di bagian dalam.

Mereka berkerumun, dengan motor Lorenzo yang tak terkendali dan akhirnya menabrak Dovi.

Dovizioso menganggap Pedrosa membuat "kesalahan terbesar" karena dia adalah orang yang memiliki pandangan dari dua pebalap di depan.

"Saya pikir kesalahan terbesar berasal dari Dani, karena dia ada di belakang kami," kata Dovizioso dilansir Autosport.

"Dia masuk sedikit lebih cepat dari biasanya. Jika Anda masuk lebih cepat dari biasanya dan seseorang ada di depan Anda, karena kami berada di depan Dani, kami memutuskan garis," lanjutnya.

"Tapi Dani ada di belakang, dan dia mampu mengatur situasi dan dia hanya memotong di dalam, lebih cepat dari setiap putaran lainnya, dan menciptakan kecelakaan. Yang pasti dia melakukan kesalahan."

Namun Pedrosa berpendapat bahwa dia tidak mengambil tikungan lebih cepat dari biasanya, dan merasa bahwa perbedaan kecepatan datang dari pengendara Ducati yang lambat karena mereka melebar.

"Tidak, saya tidak lebih cepat, kalau tidak saya tidak bisa mempertahankan garis saya," katanya.

"Saya melakukan garis normal saya. Mereka melambat karena mereka berada di luar."

Dovizioso menambahkan bahwa Lorenzo juga bersalah: "Tetapi di sisi lain Jorge tidak memeriksa, dia tidak peduli dengan pembalap di belakangnya.

"Dan dia memotong sedikit terlalu cepat ke garis untuk mencoba keluar secepat yang dia bisa," tuturnya.

"Ini adalah campuran dari kesalahan antara Pedrosa dan Lorenzo. Yang pasti, Dani dan Jorge melakukan kesalahan."

Tak satu pun dari tiga pembalap dihukum karena insiden itu, dan Dovizioso mendukung keputusan itu, mengatakan sanksi akan terlalu banyak.

"Setelah Argentina, mereka mengatakan mereka akan lebih ketat, tetapi pada akhirnya saya pikir itu terlalu berat untuk menghukum apa yang terjadi hari ini," katanya.

"Maksud saya, selalu sulit mengambil keputusan yang tepat tentang itu, karena apa yang terjadi dari dua pebalap itu tidak melebihi batas, sehingga untuk menghukum Jorge dan Dani tidak baik.

"Tetapi pada akhirnya saya tidak membuat kesalahan dan saya pulang dengan poin nol. Jadi itu selalu sulit untuk mengambil keputusan yang tepat, untuk mengatakan `oke, mereka harus dihukum` atau tidak.

"Pada akhirnya saya pikir lebih baik tidak, tapi [itu] tergantung cara Anda ingin melihatnya."

Setelah gagal menyelesaikan lomba, Dovizioso telah turun dari posisi pertama hingga kelima di klasemen, dan sekarang 24 poin di belakang pemimpin kejuaraan baru, dan pemenang lomba Jerez, Marc Marquez.

KEYWORD :

Dovizioso Lorenzo Pedrosa Ducati MotoGP




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :