Sabtu, 20/04/2024 02:12 WIB

Kemendes Turut Kembangkan Budi Daya Rumput Laut

Kemendes PDTT memfasilitasi pengembangan budi daya rumput laut sejak 2017

Rumput laut

Jakarta - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) memiliki prioritas mengentaskan daerah tertinggal di Indonesia dengan berbagai programnya.

Salah satu daerah yang dibidik ialah Kabupaten Maluku Tenggara Barat. Pasalnya, Kabupaten Maluku Tenggara Barat merupakan salah satu dari 16 Kabupaten Prioritas terintegrasi di Direktorat Jenderal Pengembangan Daerah Tertentu (PDTu) Kemendes PDTT.

Kemendes PDTT memfasilitasi pengembangan budi daya rumput laut sejak 2017, yaitu dengan memberikan bibit rumput laut jenis cottoni sebanyak 200 kilogram, pembangunan 50 petak budi daya, para-para, gudang penyimpanan, serta sarana pendukung berupa mesin kapal kapasitas 9 HP sebanyak 30 unit, dan pendampingan masyarakat bekerja sama dengan Universitas Pattimura Ambon.

"Cara ini juga sebagai upaya mewujudkan ekonomi desa dengan program Produk Unggulan Kawasan Perdesaan yang merupakan salah satu dari empat program prioritas Kemendes PDTT," kata Direktur Jenderal Pengembangan Daerah Tertentu (PDTu), Johozua M. Yoltuwu.

Untuk memastikan bantuan tersebut berdaya guna, Johozua memimpin rombongan Kemendes PDTT meninjau budidaya rumput laut di Pulau Seira, Kabupaten Maluku Tenggara Barat pekan lalu. Menurutnya, para petani terlihat penuh semangat dan bahagia saat panen rumput laut.

"Saat ini kita memanen lebih kurang 4 ton rumput laut. Sebelum panen, hanya sekitar 200 kilogram saja dalam bentuk bibit," katanya.

KEYWORD :

Info Kemendes rumput laut Eko Putro Sandjojo




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :