Rabu, 24/04/2024 04:55 WIB

Tantangan Para Pengusaha Kuliner Kecil dan Menengah

Hari Kuliner Nasional yang diadakan mulai 5-13 Mei 2018 berkomitmen membantu pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah.

Hari Kuliner Nasional berkomitmen membantu pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (Foto: Istimewa)

Jakarta - Berdasarkan hasil riset Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) tahun 2017, merchant UMKM yang bergabung dalam platform Go-Jek di 9 kota berkontribusi lebih dari Rp 1,7 triliun kepada perekonomian nasional.

Selain itu, menilik data nasional, survei Badan Ekonomi Kreatif (2018) mengungkapkan pada tahun 2016 lalu usaha kuliner menyumbang lebih dari Rp 382 triliun kepada total produk domestik bruto sektor ekonomi kreatif. Angka tersebut naik Rp 30 triliun dibanding tahun sebelumnya.

Berdasar fakta itulah, penyedia layanan on-demand berbasis aplikasi di Indonesia Go-Jek, kembali menunjukkan komitmennya untuk mendukung usaha kuliner nusantara supaya bisa bertumbuh dan memperluas pasarnya.

Komitmen ini ditunjukkan dengan penyelenggaraan Hari Kuliner Nasional Go-Food pada 5 Mei 2018 mendatang. Kegiatan kuliner raksasa terbesar di Indonesia yang pertama kali dilakukan tersebut akan dihelat serentak di 11 kota di Indonesia dan diikuti oleh lebih dari 7.000 merchant outlet dan rekan usaha

Chief Commercial Expansion Go-Jek Catherine Hindra mengatakan usaha kuliner memiliki potensi untuk terus berkembang dan berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia.

“Salah satu tantangan yang sering dihadapi oleh UMKM adalah terkait promosi usahanya. Melalui Hari Kuliner Nasional, kami berharap usaha kuliner bisa semakin dikenal oleh masyarakat. Apalagi, bila melihat data, lebih dari 2.000 pengguna tinggal dalam radius 500 meter dari sebuah usaha kuliner yang menjadi mitra. Ini artinya, ada potensi pasar yang bisa dimanfaatkan oleh para pengusaha kuliner,” ujar Catherine.

Ia percaya pertumbuhan ekonomi nasional dapat bisa lebih besar lagi ke depannya, karena pihaknya terus mencari cara baru untuk membantu UMKM menemukan solusi atas tantangan dalam pengembangan bisnisnya.

"Salah satu solusi yang awal tahun ini kami perkenalkan adalah Go-Food Festival. Para pengusaha kecil menengah dapat memperluas outletnya dan menjangkau lebih banyak konsumen melalui Go-Food Festival,” kata Catherine.

Sementara di tempat yang sama Chief Corporate Affairs Go-Jek, Nila Marita, mengatakan Hari Kuliner Nasional ini menegaskan kembali komitmennya untuk mendukung pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah.

“Dari 150.000 merchant yang tergabung, lebih dari 80 persen di antaranya merupakan pengusaha kuliner dalam kategori pengusaha kecil dan menengah. Dimana, rata-rata transaksi merchant kuliner kami meningkat 2,5 kali. Kami ingin angka ini terus meningkat, supaya mitra kami bisa bertumbuh dari yang kecil menjadi menengah, dan yang menengah menjadi besar” ujar Nila.

KEYWORD :

kuliner UMKM ekonomi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :