Rabu, 24/04/2024 05:13 WIB

5 Tips Berinvestasi Properti Secara Cerdas

Calon pembeli dan investor properti sebaiknya melakukan riset terlebih dahulu sebelum memutuskan.

Calon pembeli dan investor properti sebaiknya melakukan riset terlebih dahulu sebelum memutuskan (Foto: aa.property.uk)

Jakarta - Tahukah Anda jika riset sederhana diperlukan guna memahami faktor utama dalam pembelian  dan memastikan harga perolehan properti sesuai dengan harga pasaran.

Diperlukan kesabaran ekstra. Meskipun Anda telah menghabiskan waktu berjam-jam melihat daftar properti , pada akhirnya Anda tetap membutuhkan panduan.

Berikut ini adalah 5 tips cerdas dalam menentukan investasi properti yang benar:

1. Lokasi

Faktor utama yang mempengaruhi permintaan dan nilai properti adalah lokasi. Lokasi properti harus dapat memberikan kemudahan akses, kenyamanan, dan keamanan.

Lokasi disarankan dekat dengan akses terbaik ke pusat kota, sekaligus titik pertemuan antara pusat bisnis dan hiburan, kedekatan dengan fasilitas lainnya (seperti, fasilitas kesehatan, pendidikan), dilengkapi dengan luasnya ruang hijau.

2. Reputasi Pengembang

Pengembang ternama akan menjaga reputasi dan kepercayaan konsumen dengan menyerahkan properti tepat waktu, dan sesuai dengan kualitas yang di janjikan. Pahami rekam jejak pengembang.

3. Rangkaian Fasilitas

Properti yang baik harus dapat menyediakan berbagai fasilitas yang dapat mendukung gaya hidup dan kesejahteraan para penghuninya. Faktor lain yang yang perlu Anda dan keluarga pertimbangkan adalah kehadiran privasi, ketenangan dan keamanan.

Beberapa fasilitas termasuk dual private lift, ruang hijau yang luas, area komersial yang terintegrasi, tempat bermain anak dan fasilitas olahraga lainnya, menjadikan pengalaman hidup lebih bermakna.

4.Tentukan waktu terbaik untuk berinvestasi

Berinvestasi properti adalah mengenai peningkatan nilai aset. Di Indonesia, nilai properti cenderung terus meningkat seiring dengan berjalannya waktu.

Inilah alasan mengapa membeli properti di waktu yang tepat sangat penting. Melakukan analisa dan prediksi demand dan supply pasar akan membantu Anda mendapatkan  properti yang terbaik untuk diinvestasikan.

5. Mengamati Secara Jangka Panjang dan Kelola Risiko

Real estate adalah investasi yang memerlukan modal besar, memberikan peluang untuk mendapatkan pendapatan berulang (recurring income) serta peningkatan nilai aset (capital gains).

Namun, real estate bergerak dalam siklus. Carilah peluang untuk membeli pada saat siklus turun untuk memaksimalkan keuntungan Anda. Amati perkembangan real estat secara jangka panjang, mengingat ketersediaan lahan  semakin terbatas.

KEYWORD :

tips properti investasi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :