Jum'at, 19/04/2024 10:24 WIB

Sandiaga Uno Turun Tangan Pastikan Pasokan Cabai ke DKI Aman

Potensi cabai rawit merah di Magelang mencapai 2.000 hektare dan cabai merah 4.000 hektare. Setiap bulan ada 300-500 hektare yang panen.

Wakil Gubenur DKI, Sandiaga Uno turung tangan mengecek pertanaman aneka cabai di Kecamatan Secang, Magelang, Minggu (29/4).

Magelang - Wakil Gubenur DKI, Sandiaga Uno turung tangan mengecek pertanaman aneka cabai di Kecamatan Secang, Magelang. Lawatan ini untuk memastikan pasokan ke DKI aman menjelang puasa dan lebaran.

Sandiaga Uno mengatakan kebutuhan aneka cabai untuk wilayah DKI sekitar 120 ton per harinya. Salah satunya dipasok dari Magelang.

"Kita harus jaga stabilisasi harga dan pasokan Jakarta," ujar Sandiaga pada Minggu (29/4) kemarin.

Sandiaga menegaskan Pemerintah Provinsi DKI pro petani daerah yakni melalui penataan rantai pasok yang sederhana, terbuka dan berkeadilan. Petani untung, pedagang happy, harga di konsumen terjangkau.

"Saya juga bawa teman-teman pedagang dari PD Pasar Jaya, supaya bisa langsung bermitra dengan petani lokal terangnya. Magelang bagus pertanaman cabainya puji Sandiaga. Insya Allah aman," tegasnya.

Kepala Bidang Hortikultura Kabupaten Magelang, Eko Hermanto menjelaskan potensi cabai rawit merah mencapai 2.000 hektare dan cabai merah 4.000 hektare. Setiap bulan ada 300-500 hektare yang panen.

"Kami sudah mengatur pola tanamnya sesuai arahan pemerintah pusat. Petani terus kami bina supaya meningkat produktivitas cabainya," katanya.

"Magelang siap memasok cabai pada bulan Mei hingga Juni 2018 sebesar 20 ton per hari," pintanya.

Petani champion aneka cabai dari Magelang, Tunov Mondroatmodjo menuturkan pihaknya siap bekerjasama dengan PD Pasar Jaya untuk mengamankan DKI. Hal seperti ini sudah dilakukan dengan Kementerian Pertanian (Kementan) sejak 2016 untuk stabilisasi pasokan dan harga. Untuk puasa dan lebaran ada sekitar 100 hektar rawit merah dan 400 hektare cabe keriting imbuhnya.

"Mudah2an kemitraan dengan PD Pasar Jaya lebih optimal dan saling menguntungkan," ujarnya.

Berdasarkan data Dinas Pertanian dan Perkebunan Jawa Tengah, produksi cabai rawit di Jawa Tengah bulan Mei 2018 diperkirakan sebesar 15.073 ton dan Juni 29.000 ton. Untuk cabai besar Mei 2018 sebesar 17.392 ton dan Juni 20.173 ton.

KEYWORD :

Kementan Sandiaga Uno Magelang cabai Hortikultura




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :