Kamis, 25/04/2024 21:09 WIB

Ingin Tahu Harga Surya Panel? Klik Aplikasi Ini

Kemudian proses pemesanan dan pemasangan perangkat energi terbarukan yang rumit karena harus melalui banyak langkah.

PT. Semesta Energi Services melihat perlu adanya transformasi menuju sumber-sumber listrik dari energi terbarukan

Jakarta, Jurnas.com - Salah satu solusi untuk mengatasi kerentanan pasokan listrik adalah dengan memanfaatkan potensi tenaga energi terbarukan yang melimpah. Misalnya pemanfaatan tenaga surya dalam bentuk solar PV panel dengan dan atau tanpa baterai.

Energi terbarukan  menjadi tren saat ini, namun masyarakat dan para pelaku bisnis seringkali kesulitan untuk  menghitung keekonomian serta investasi yang diperlukan karena kebijakan yang belum berpihak, proses yang masih kompleks, serta dianggap lebih mahal harganya dibandingkan pembangkit berbahan baku batu bara.

PT. Semesta Energi Services melihat perlu adanya transformasi menuju sumber-sumber listrik dari energi terbarukan, salah satunya dengan mendukung pengembangan solar PV melalui aplikasi berbahasa Indonesia bernama Suryakami.

Aplikasi ini dibuat oleh para profesional di bidang energi terbarukan untuk memudahkan masyarakat, instansi pemerintahan, commercial building maupun industri untuk dapat menghitung sendiri investasi perangkat Solar PV beserta waktu break even point dari nilai investasinya. Dengan demikian, hal ini dapat meningkatkan minat calon pemakai yang dapat difasilitasi lebih lanjut dalam proses pemasangan ataupun jual beli perangkat tersebut.

Aplikasi ini juga diluncurkan untuk menjawab beberapa permasalahan yang ada. Dantaranya, kurangnya kesadaran atas manfaat dari investasi energi terbarukan di Indonesia untuk skala kecil dan menengah.

Kemudian proses pemesanan dan pemasangan perangkat energi terbarukan yang rumit karena harus melalui banyak langkah. Aplikasi Suryakami membantu masyarakat, pelaku bisnis, dan industri dalam melakukan pemesanan Solar PV dengan mudah sekaligus memenuhi permintaan untuk pemasangan termasuk bekerjasama dengan pihak ketiga yang handal dan terpercaya.

"Masyarakat bahkan bisa menghitung sendiri berapa harga atau investasi pemasangan surya panel sesuai kebutuhannya,"kata Giri Cahya Hartono, Analist PT Semesta Energi Service usai acara soft Launching Aplikasi Suryakami di Jakarta, Sabtu (28/9).

Saat ini, belum ada standarisasi kualitas dan kepastian harga sehingga membuat masyarakat ragu untuk melakukan pemasangan solar panel. Aplikasi Suryakami membantu masyarakat untuk memberikan kepastian sekaligus perhitungan nilai investasi dan BEP dari seluruh biaya instalasi untuk kemudian menjadi bagian dari jaringan investor kami yang niscaya menciptakan ekosistem keuangan yang sustainable (green financing) di sektor energi terbarukan.

Aplikasi Suryakami saat ini baru dibuat dalam sistem android. Kedepan akan terus dikembangkan di masa depan termasuk untuk sistem IoS. Ini adaalah sistem aplikasi pertama di Indonesia untuk menghitung investasi energi terbarukan berbasis Solar PV, sehingga aplikasi Suryakami menjadi pionir di Indonesia.

"Kami berharap aplikasi ini dapat berguna secara luas bagi masyarakat, pelaku bisnis ritel, dan industri atau perusahaan," ungkap Tjipto Joewono, Data Scientiest PT semesta Service.

KEYWORD :

Surya Panel Energi Alternatif




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :