Jum'at, 26/04/2024 02:44 WIB

Wisata Zakat Berdayakan Mustahik Danau Saguling

Tito mencontohkan program Zakat Community Development (ZCD) yang semakin membumi karena manfaat dan eksistensinya yang kian dirasakan masyarakat.

Penyaluran bantuan ke mustahik di danau

Jakarta - Setelah sukses "Wisata Zakat Arung Ciliwung", Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menggelar program sama di Sungai Citarum dan Danau Saguling.

"Program yang diikuti para muzaki (pembayar zakat) ini, bertujuan mengenalkan lebih dekat program-program Baznas serta mengajak mereka lebih mencintai lingkungan, khususnya Sungai Citarum dan Danau Saguling," ujar Kepala Divisi Layanan Muzaki Baznas, Tito Kurniawan, di Danau Saguling, Cililin, Bandung, Jawa Barat, Ahad (29/4/2018).

Tito mencontohkan program Zakat Community Development (ZCD) yang semakin membumi karena manfaat dan eksistensinya yang kian dirasakan masyarakat.

"Terima kasih pada para muzaki yang setia berzakat ke Baznas dan mendukung program wisata zakat. Ini bagian dari fundraising experiences yang kita kembangkan untuk lebih menguatkan para muzaki mengenal berbagai program Baznas," kata Tito.

Kali ini, tutur dia, yang diperkenalkan adalah ZCD. "Ini adalah wisata zakat yang ketiga, setelah yang pertama mengajak muzaki merasakan detak pemberdayaan pendidikan di Sekolah Cendekia Baznas (SCB), Bogor. Kedua, mengarungi Sungai Ciliwung sembari memperkenalkan lembaga program Baznas Tanggap Bencana (BTB) dan Rumah Sehat Baznas (RSB). Semoga memberi kesan yang baik kepada muzaki. Kita akan berkeliling di berbagai program Baznas lainnya. Mohon dukungan semua pihak," ucap Tito optimistis.

Dia menjelaskan, tahun ini, Divisi Layanan Muzaki Baznas akan menyelenggarakan wisata zakat sebanyak 12 kali.

"Semoga diberi kemudahan sehingga program-program Baznas semakin dikenal dan dirasakan manfaatnya oleh publik," kata dia.

Sementara itu, Kepala Bagian Layanan Muzaki Baznas Taris, menambahkan, para peserta yang sudah berpartisipasi mencapai 54 orang yang terdiri atas dewasa, remaja dan anak-anak.

Taris menyebutkan, program-program unggulan Baznas yang dikenalkan kepada para muzaki, peserta Wisata Zakat "Visit Saguling 2018" meliputi Zakat Community Development (ZCD).

"Kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu bentuk transparansi yang disajikan kepada muzaki agar mereka mengetahui secara langsung dan memahami manfaat setiap donasi yang diberikan kepada Baznas," tutur dia.

Taris berharap, kegiatan ini bisa terus berjalan hingga tahun depan, dengan pengenalan program yang berbeda-beda. Lokasinya pun lebih luas di kawasan Jabodetabek bahkan hingga menyentuh ke luar Pulau Jawa.

"Semoga kami dapat terus bersinergi dengan lintas divisi maupun program agar dapat terlaksana wisata zakat lainnya dengan lebih maksimal dan memberikan dampak positif terhadap meningkatnya kepercayaan masyarakat kepada Baznas," tutur dia.

Dalam program ini, selain diajak mengarungi Sungai Citarum, muzaki peserta wisata zakat juga diajak peduli lingkungan dengan aksi bersih-bersih Danau Saguling.

Peserta juga dikenalkan pada program ZCD komunitas perajin eceng gondok.

Tak hanya itu, panitia juga memperkenalkan peserta kepada para pelaku usaha, kecil dan menengah (UKM) binaan.

KEYWORD :

Wisata Zakat Baznas Bandung




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :