Sabtu, 20/04/2024 00:18 WIB

Ancam Populasi Lebah, Uni Eropa Larang Penggunaan Tiga Obat Tanaman

Beberapa penelitian telah mengaitkan paparan pestisida dengan penurunan kesehatan microbiome usus lebah

Ilustrasi Lebah (foto: upi.com)

Jakarta - Setelah melakukan tinjauan ilmiah yang luas dan perdebatan yang intensif, Komisi Eropa, badan legislatif Uni Eropa, memberikan suara pada Jumat untuk melarang tiga insektisida neonicotinoid digunakan karena membunuh lebah liar dan lebah madu.

Petani dan tukang kebun di Eropa tidak akan lagi dapat menyemprot pestisida clothianidin, imidacloprid dan thiametheoxam di luar ruangan. Namun bahan kimia itu masih bisa digunakan tapi di dalam rumah kaca permanen.

"Kesehatan lebah tetap sangat penting bagi saya karena menyangkut keanekaragaman hayati, produksi makanan dan lingkungan," ujar Vytenis Andriukaitis, komisaris Uni Eropa untuk Kesehatan dan Keamanan Pangan.

Sebuah penilaian yang diterbitkan awal tahun ini oleh Otoritas Keamanan Makanan Eropa menetapkan bahwa neonicotinoid menimbulkan risiko bagi lebah liar dan lebah madu. Penilaian ini didasarkan pada survei literatur ilmiah tentang subjek, yang luas.

Lusinan penelitian telah memerinci dampak negatif neonicotinoid terhadap kesehatan lebah. Sebagian besar temuan ilmiah menunjukkan pestisida merusak sistem kekebalan tubuh lebah, merampas kemampuan mereka untuk melawan penyakit dan parasit.

Beberapa penelitian telah mengaitkan paparan pestisida dengan penurunan kesehatan microbiome usus lebah, sementara yang lain telah menunjukkan bahwa bahan kimia mengurangi kemampuan lebah untuk menemukan nektar.

Meskipun para pembuat neonicotinoid dan beberapa kelompok pertanian menentang tindakan itu, pemungutan suara telah mendapatkan tepuk tangan dari kelompok-kelompok pecinta lingkungan dan banyak ilmuwan.

"Neonicotinoids tidak hanya mencemari tanaman, tanah, dan air, tetapi yang mengejutkan, mereka tinggal di air dan tanah untuk waktu yang lama setelah mereka disemprotkan," kata James Nieh, seorang ahli biologi di University of California San Diego, kepada The Independent.

"Bahan kimia ini hanyut di luar area aplikasi mereka, seperti yang sekarang telah ditunjukkan dalam beberapa penelitian."

Sementara neonicotinoids telah dikaitkan dengan penurunan sejumlah serangga, termasuk beberapa jenis penyerbuk, mereka bukan satu-satunya ancaman bagi populasi lebah.

Praktek pertanian monokultur dan hilangnya habitat juga telah disebut sebagai hambatan serius untuk kesehatan hewan-hewan tersebut. Ketika digabungkan, berbagai ancaman dapat terbukti mematikan bagi lebah.

KEYWORD :

Lebah Uni Eropa Obat Tanaman




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :