Jum'at, 14/12/2018 13:48 WIB

Ilmuwan Temukan Tulisan Al Quran di atas Naskah Injil

Arkeolog menemukan sebuah manuskrip Al Quran kuno yang berasal dari abad ke-8.

Al Quran

Jakarta - Sekelompok arkeolog menemukan sebuah manuskrip Al Quran kuno yang berasal dari abad ke-8. Hal yang cukup mengejutkan ialah tulisan Al Quran itu ditulis di atas Injil milik Kristen Koptik.

Dilansir dari Daily Express, ilmuwan Prancis Dr Elèonore Cellard menyebut temuan ini sangat penting untuk meneliti lebih lanjut sejarah Al Quran dan Islam pada masa awal.

Naskah ini juga menjadi bukti bahwa Islam dan Kristen pada zaman dulu memiliki interaksi budaya yang kuat.

"Di sini kami memiliki saksi dan bukti interaksi budaya antara komunitas agama yang berbeda," kata Elèonore.

Dalam naskah kuno itu, masih terlihat tulisan teks Kristen Koptik dari kitab Perjanjian Lama yang dihapus, lalu diganti dengan tulisan arab Al Quran.

Teks seperti itu, dikutip dari Christian Today dikenal sebagai palimpsest. Dan fenomena semacam ini bukan hal yang aneh di zaman kuno.

Ilmuwan yakin naskah itu diproduksi di Mesir, yang kala itu memiliki komunitas Krisren Koptik, dan mewakili 10 persen populasi.

Penanggalan dari tulisan Kristen asli sekarang hampir tidak mungkin untuk dipastikan, tanpa mempertaruhkan kerusakan pada artefak.

Saat ini, palimpset sudah siap dilelang di rumah lelang Christie dengan harga senilai 80.000 hingga 120.000 pounds.

"Yang lebih menarik adalah Al Quran atas di atas Perjanjian Lama. Ini menunjukkan kontak antara Islam dengan Kristen," imbuhnya.

TAGS : Al Quran Injil Islam Kristen Arkeologi




TERPOPULER :