Jum'at, 16/11/2018 22:38 WIB

3 Syarat Penting Wujudkan Keluarga Berkualitas

Rangkaian kegiatan dalam merayakan Hari Kartini ini adalah kontribusi nyata Dharma Wanita Persatuan untuk negeri.

Peran keluarga miliki makna penting bagi pembangunan sumber daya manusia berkualitas (Foto: Eka Pramita)

Jakarta - Masih merayakan momen Hari Kartini tahun 2018 ini Para istri Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang tergabung dalam Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan adakan gelar wicara bertajuk "Pembangunan Keluarga yang Berkualitas" di Plaza Insan Berprestasi Kemendikbud, Jakarta Selatan, Rabu (25/4).

Ketua DWP Pusat Wien Ritola Tasmaya mengatakan, acara hari ini sebagai wujud dari komitmen DWP mewujudkan tiga program prioritasnya.

"Kami mendorong program prioritas, yakni ketahanan keluarga, gerakan masyarakat ibu sehat, dan istri aparatur sipil negara sebagai pelaku ekonomi handal," ujarnya membuka acara.

Diskusi ini bertujuan untuk terus memperjuangkan keadilan gender, memperkuat dan memberdayakan ibu-ibu dan perannya dalam memberi pendidikan formal di tingkat keluarga.

Hadir sebagai pembicara Direktur Pembinaan Pendidikan Keluarga Ditjen PAUD dan Dikmas Kemendikbud Sukiman dan Penasihat DWP Kemendikbud Suryan Widati.

Suryan Widati mengatakan membangun keluarga berkualitas ialah bagaimana menyeimbangkan peran sebagai ibu dan perempuan.

"Karena tantangan dan masalah sekarang ini luar biasa, beda dengan zaman kita dulu.Tidak bisa kita bandingkan dengan zaman kita, tapi ajari mereka sesuai dengan zaman anak sekarang. Di situ kuncinya," ucap istri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy ini.

Bagi ibu dari 3 anak ini, tidak ada kata lulus menjadi ibu. Mau berapa tahun juga, harus memiliki bekal pola asuh dan  pengasuhan harus dari kedua belah pihak, baik suami dan istri.Komunikasi antara keluarga.

Jadi menurutnya ada 3 hal penting alam membangun keluarga berkulitas, yakni; Pengasuhan anak, pembagian peran, dan manfaat buat lingkungan sekitar.

Selain diskusi, DWP  juga meluncurkan aplikasi berbasis android yang menampilkan informasi kegiatan DWP dengan tagline DWP Go Digital. Kontennya berisi artikel-artikel ringan tentang pendidikan dan perempuan, serta citizen journalism.

"DWP go digital ialah harapan baru bagi generasi perempuan untuk organisasi lebih maju menjawab tantangan zaman," tambah Wien.

Dalam acara yang dihadiri sekira ratusan anggota ini, para istri PNS itu terlihat anggun mengenakan kebaya berwarna orange dan fuschia berpadu dengan kain bermotif batik, dilengkapi dengan kerudung senada dan banyak pula yang bersanggul.

TAGS : dharma wanita persatuan kemdikbud keluarga




TERPOPULER :