Sabtu, 20/04/2024 22:55 WIB

Cak Imin Harap Pemerintah Tetapkan Hari Wayang Nasional

Menurutnya, wayang merupakan warisan budaya turun-temurun yang sudah ditetapkan oleh UNESCO sebagai Karya Agung Budaya

Cak Imin (tengah) bersama para budayawan dan seniman di Surakarta

Surakarta – Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Abdul Muhaimin Iskandar mengharap pemerintah segera menetapkan Hari Wayang Nasional, yang jatuh setiap 7 November.

Peringatan itu juga sekaligus untuk menjaga wayang yang notabene lahir dan besar di Indonesia berabad-abad, sebelum diklaim oleh negara lain.

“Hari wayang nasional ini penting sekali, sebelum wayang diambil negara lain lho,” kata Cak Imin dalam Sarasehan bersama seniman tradisional di Surakarta, Selasa (24/4).

Seperti diketahui, wayang merupakan warisan budaya turun-temurun yang sudah ditetapkan oleh Lembaga Budaya dari Perserikatan Bangsa-Bangsa UNESCO sebagai Karya Agung Budaya Dunia (Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity), pada 7 November 2003.

Penghargaan UNESCO tersebut adalah penghargaan untuk wayang Indonesia. Namun hingga kini Indonesia belum memberikan apresiasi berarti terhadap khazanah budaya leluhur itu.

"Sangat mudah bagi pemerintah untuk mengapresiasi khazanah wayang ini dengan peringatan Hari Wayang Nasional pada 7 November," pungkasnya.

KEYWORD :

Warta MPR Cak Imin




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :