Senin, 19/11/2018 00:13 WIB

"Ikatten" Antar Risa Maharani Raih Juara Kompetisi Desainer Muda

Kompetisi diharapkan bisa menarik minat siswa sekolah mode dan desainer muda untuk mewarnai sektor fashion muslim.

Pemenang Modest Young Designer Competition 2018 (Foto: Instagram)

Jakarta - Sebagai ajang menemukan talenta baru yang kreatif dan inovatif serta memiliki kemampuan sebagai entrepreneur, Muslim Fashion Festival (Muffest) 2018 berkolaborasi dngan brand Zoya kembali mempersembahkan Modest Young Designer Competition (MYDC). Diharapkan kompetisi ini dapat menarik minat siswa sekolah mode dan desainer muda untuk mewarnai sektor fashion muslim dengan kreativitas baru.

Kaum muda yang mngikuti kompetisi ini wajib mengirimkan enam sketsa desain modest ready to wear dengan tema "Svarga" yang menerapkan inovasi desain, eksplorasi kekayaan konten lokal, dan mengaplikasi tren warna, motif, serta material tekstil.

Dari seluruh peserta MYDC 2018 disleksi menjadi 14 finalis oleh dewan juri yang teidri dari perwakilan Indonesian Fashion Chamber, Zoya, dan sederet desainer muslim lainnya.

Kriteria penilaian didasarkan pada orisinalitas, kreativitas, kesesuaian tema, daya pakai, kerapihan, pemilihan bahanm daya jual, dan kesiapan dai egi bisnis.

Dari 14 finalis terpilih disyaratkan untuk merealisasikan tiga dari enam sketsa rancangannya dalam bentuk busana ready to wear yang dipresentasikan di hadapan dewan juri pada acara Grand Final.

Akhirnya terpilihlah Risa Maharani, alumni SMK berdomisili di Semarang yang mengangkat tema koleksi "Ikatten" sebagai juara pertama yang meraih hadiah berupa uang tunai dan kontrak kerja sebagai desainer tamu dengan nilai 200 juta rupiah serta ikut dalam gelaran Hong Kong Fashion Week.

"Penghargan ini membuka jalan bagi saya menjadi bagian dari perkembangan industri fashion muslim dan kesempatan kerjasama dengan brand sebesar Zoya," ungkap alumni SMK NU Banat, Kudus, Jawa Tengah tahun 2017 ini bahagia.

Head of Merchandise Departemen Shafco, Ivan Kurniawan mengatakan pemenang MYDC terpilih karena menawarkan sesuatu yang baru, fresh dan memiliki potensi untuk lebih dikembangkan lagi. "Kesempatan ini tentu akan menantang industri fashion muslim yang terus bergerak cepat," tandasnya.

TAGS : desainer kompetisi muda muffest 2018




TERPOPULER :