Jum'at, 19/04/2024 14:41 WIB

Program PKT Pangkas Angka Pengangguran

Program padat karya tunai (Cash For Work) yang ditargetkan pada 2018 terdapat sedikitnya 1.000 desa yang tersebar di 100 kabupaten

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo

Jakarta - Dalam mengurangi jumlah angka pengangguran di Indonesia, Pemerintah pusat melalui anggaran yang berasal dari dana desa telah memiliki program padat karya tunai (Cash For Work) yang ditargetkan pada 2018 terdapat sedikitnya 1.000 desa yang tersebar di 100 kabupaten.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo mengatakan 100 kabupaten dengan 1000 desa yang menjadi target program tersebut dipilih berdasarkan rangking daerah kategori paling miskin.

Menurutnya, dana desa di 1000 desa tersebut secara otomatis akan mendapatkan dana desa dengan jumlah terbanyak, karena formula pembagian jumlah dana desa tahun ini berubah dari formula 90:10 yakni 90 persen dana desa dibagi rata ke seluruh desa dan 10 persen dibagi berdasarkan konsdisi desa, berubah menjadi formula 80:20 yakni 80 persen dibagi rata ke seluruh desa dan 20 persen dibagi berdasarkan kondisi desa.

"Tahun lalu pencairan (dana desa) tahap pertama April, kemudian tahap ke dua Agustus. Pak Presiden minta Januari sudah cair sehingga bisa langsung bekerja untuk semua desa," ujarnya.

Dana desa tahun ini akan disalurkan melalui tiga tahap yakni tahap pertama pada bulan Januari sebanyak 20 persen, tahap ke dua pada bulan Maret sebanyak 40 persen dan tahap ke tiga pada bulan Juli sebanyak 40 persen.

"Dana desa selain untuk mengurangi angka pengangguran juga untuk pertumbuhan ekonomi di desa serta dapat mengurangi angka stunting (Kekurangan gizi)," ujarnya.

Terkait program padat karya ia mengatakan, sebanyak 30 persen dari Rp60 Triliun dana desa atau sebesar Rp18 Triliun digunakan untuk untuk membayar upah kerja proyek dana desa. Ia meyakini hal tersebut dapat menciptakan sebanyak 5 juta lapangan pekerjaan di desa.

"Tapi cash for work tidak hanya dari dana desa saja, kalau dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi ada program Prukades (Produk Unggulan Kawasan Perdesaan) yang juga menciptakan lapangan pekerjaan," terangnya

 

KEYWORD :

Info Kemendes Eko Putro Sandjojo karya tunai




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :